Gus Yaqut: Mudah-mudahan di Februari Ada Kejelasan Soal Ibadah Haji

Gus Yaqut, karikatur, (Dodi/Jabarnews)

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap pada Februari 2022 sudah ada kejelasan soal penyelenggaraan ibadah haji, mengingat waktu persiapan hanya tersisa sekitar empat bulan, dengan asumsi pemberangkatan perdana pada 5 Juni.

“Kalau target, kita punya target, mudah-mudahan di bulan depan di Februari ada kejelasan,” ujar Menag yang kerap disapa Gus Yaqut, saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI, Senin 17 Januari 2022.

Baca Juga:  74 Calon Jamaah Haji Asal Serdang Bedagai Berangkat, Darma Wijaya Pesan Ini

Yaqut mengatakan hingga saat ini otoritas Arab Saudi belum memberikan kepastian soal penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi, setelah sebelumnya pemberangkatan jamaah haji asal Indonesia tertunda selama dua tahun.

Baca Juga:  Bareskrim Libatkan Kemenag dan MUI Dalam Penyelidikan Kasus Al Zaytun

Sembari menunggu kepastian, Yaqut memastikan Kementerian Agama terus menyiapkan segala kemungkinan pemberangkatan calon jamaah haji lewat tiga skema, yakni kuota penuh, kuota terbatas, maupun tidak memberangkatkan sama sekali.

Baca Juga:  Sejarah dan Delapan Pandangan Tentang Penamaan Hari Arafah

“Persiapan kita lakukan agar ketika apapun keputusan nanti yang diberikan terkait ibadah haji, kita semua sudah bisa siap melaksanakannya, baik itu dilaksanakan secara penuh, terbatas, maupun tidak sama sekali,” kata dia.