Hari Kesaktian Pancasila, Begini Pesan Kapolres Purwakarta

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain didampingi Kapolsek Maniis, IPTU Asep Nugraha. (Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober dan tahun ini jatuh pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Hari Kesaktian Pancasila berbeda dengan Hari Lahirnya Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni.

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional dan diperingati setelah Peristiwa Gerakan 30 September atau yang lebih dikenal sebagai G30S.

Menurut, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, Pancasila sebagai ideologi negara tidak akan tergantikan oleh paham apapun, maka dari itu Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober ini ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan dihati seluruh rakyat Indonesia.

“Hari Kesaktian Pancasila merupakan perjalanan sejarah Bangsa Indonesia yang berhasil mempertahankan Ideologinya. Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila, kita bersama menjaga keutuhan bangsa ini dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Pasalnya, pemersatu kita semua adalah Pancasila walaupun beraneka ragam suku, agama, ras, dan antar golongan. Semua dipersatukan oleh Pancasila,” ucap pria yang akrab disapa Edwar itu.

Ia mengungkapkan, ditengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi, nilai-nilai Pancasila-lah yang saat ini jadikan landasan dalam kehidupan sehari-hari.