Herman Suherman Ingin Bantuan Penyintas Gempa Cianjur Segera Cair, Aparat Desa dan Kecamatan Diminta Lakukan Ini

Bupati Cianjur
Bupati Cianjur Herman Suherman. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | CIANJUR – Bupati Cianjur Herman Suherman meminta aparat desa dan kecamatan untuk membantu percepatan kelengkapan administrasi kependudukan penyintas gempa yang rumahnya rusak.

Herman mengatakan bahwa itu dilakukan agar bantuan dari pemerintah segera cair dan warga segera membangun kembali rumahnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Siapkan Platform Digital Pisodapur untuk Perkuat Penanganan Kebencanaan Gempa Cianjur

“Mekanismenya harus diubah, aparat desa dan kecamatan harus jemput bola ketika ada rumah yang belum terdata atau mengalami perubahan data sesuai kondisi terakhir, sehingga warga dapat terdata lengkap adminduk-nya dan segera menerima bantuan,” kata Herman di Cianjur, Sabtu (4/3/2023).

Baca Juga:  Waspada! Delapan Wilayah di Cianjur Ini Terancam Bencana Kekeringan

Herman juga meminta pihak bank untuk bersiap di masing-masing desa terdampak, ketika ada kekurangan administrasi dapat langsung dilakukan perbaikan dan kelengkapan dibantu aparat desa dan kecamatan atau dinas sebagai penghubung.

Baca Juga:  Makan Masih Dibatasi, Begini Kondisi Terkini Komedian Tukul Arwana

Sehingga, lanjut Herman, pencairan bantuan tahap 1 sampai 3 dapat dilakukan dengan cepat dan warga tidak lagi tinggal di dalam tenda pengungsian, terlebih menjelang masuknya bulan puasa dan lebaran karena sudah bisa membangun rumah mereka yang ambruk dan rusak.