Ingatkan Warga, Pemuda Weragati Kompak Bikin Zebra Cross

JABARNEWS | MAJALENGKA – Terinspirasi oleh operasi zebra lodaya yang sudah dimulai hari ini secara serempak, sekelompok anak muda Karang Taruna di desa Weragati Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka ramai-ramai membuat zebra cross di jalan yang sering dilalui para warga. Sedikitnya tercatat ‎ada 4 zona/titik sebelum gang dan 2 titik di dekat sekolahan.

Ketua Karang Taruna Wiranggapati Desa Weragati, Rendy Abrenk mengatakan inisiatif tersebut dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran warga, tentang pentingnya memperhatikan orang/warga dalam situasi ketika sedang atau hendak menyeb‎erang jalan.

Baca Juga:  PKS Depok: Imam Budi Hartono Raih Suara Terbanyak Dalam Pemira

“Lalu lintas dan lalu lalang orang di Weragati ini cukup padat. Apalagi sekarang ini sudah ada stand-stand khusus makanan dan minuman di pertigaan, sehingga setiap sore dan pagi hari, lalu lintas ramai dan padat, zebra cross yang kita buat merupakan rambu pengingat dan perhatian,” ungkapnya, Selasa (30/10/2018).

Baca Juga:  Bupati Cirebon Imron Setujui PLN UIP JBT Soal Dokumen Rencana Tindak Darurat Bendungan Karedok

Rendy menambahkan untuk itulah, garis putih zebra cross sengaja dibuat, tujuannya untuk meminimalisir adanya insiden tabrakan atau situasi yang tidak diinginkan lainnya.

“Kita berusaha meminimalisir adanya kecelakaan, kita ingatkan warga dengan simbol lalu lintas. Jadi bukan hanya jalan raya yang sifatnya nasional saja, jalan di wilayah desa yang padat juga perlu dibuat zebra cross,” ujarnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Pamer Pembangunan Jalan Tol di Jawa Barat, Ini Daftarnya

Hal senada diungkapkan anggota Karang Taruna lainnya, Dio Angga Dewantara mengatakan dengan adanya zebra cross yang telah dibuat, pihaknya berharap, baik pengendara maupun masyarakat yang berjalan kaki, lebih memahami simbol-simbol atau rambu aturan berlalu lintas.

“Supaya nanti tercipta kesadaran warga dengan pengendara dan lalu lintas serta lalu lalang orang aman,” ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat