Jangan Khawatir, Petugas Vaksinasi PMK di Jabar Sangat Memadai

Vaksinasi PMK. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | PANGANDARAN – Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jabar, ada sekitar 917 petugas vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) yang terdiri dari medik veteriner, paramedik veteriner, dan inseminator.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) PMK Jabar Supriyanto mengatakan jumlah tersebut sudah cukup untuk pelaksanaan vaksinasi PMK di Jabar.

Baca Juga:  Begini Langkah Pemkab Purwakarta Cegah Antraks Menyebar di Hewan Ternak

Hanya saja, lanjut Supriyanto, perlu mobilisasi petugas ke kabupaten/kota. Tujuannya agar petugas vaksinasi PMK di kabupaten/kota di Jabar merata.

“Dokter Hewan yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan sarjana Peternakan yang tergabung dalam Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia) sudah menyatakan kesiapannya untuk membantu dalam pelaksanaan vaksinasi PMK di Jawa Barat,” kata Supriyanto dalam IKP Fest di Kabupaten Pangandaran, Kamis (14/7/2022).

Baca Juga:  Dirjen PPMD Ajak Semua Pihak Perkuat Ketahanan Dan Tata Kelola Pembangunan Desa

Dia mengemukakan, Pemda Provinsi Jabar memiliki fasilitas penyimpanan vaksin PMK berkapasitas 200.000 sampai 250.000 dosis. Selain penyimpanan, alat vaksinasi PMK lainnya, seperti jarum suntik, tergolong memadai.

Baca Juga:  Terseret Ombak Pantai Pangandaran, Tiga Wisatawan Asal Kota Tasikmalaya Tewas