Jelang Ramadhan DKPP Uji Kandungan Berbahaya Pada Makanan

Petugas DKPP saat melakukan uji sampel makanan di pasar tradisional. (Foto : Abdul Rohman/Jabarnews)

JABARNEWS I CIREBON – Menjelang Bulan Suci Ramadhan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon melakukan pemeriksaan sejumlah komoditas bahan pangan di Pasar Jagasatru dan Pasar Kanoman, serta swalayan, Senin (28/03/2022).

Kepala DKPPP Kota Cirebon, Ir. Yati Rohayati mengatakan, pemeriksaan ini meliputi beberapa bahan pangan, yakni bahan pangan asal hewan, seperti daging sapi, ayam, dan ikan. Kemudian sayuran dan buah.

Baca Juga:  Saat Gerhana Bulan Total, Banjir Rob Di Pesisir Pantura Terasa Makin Besar

“Kita ambil sampel dari semua bahan pangan tersebut, kemudian diuji dengan metode rapid test oleh petugas pangan untuk mengetahui apakah ada kandungan berbahaya atau tidak,”katanya.

Baca Juga:  Informasi Jadwal Imsak Hari Ke-24 Untuk Wilayah Kabupaten Purwakarta

Ada tiga jenis kandungan yang diperiksa, sambung Yati, pertama, uji formalin dan pondus hydrogenii (pH) untuk daging sapi, ayam, ikan segar dan yang dikeringkan.

Baca Juga:  Tes Kesehatan Calon Anggota KPPS di Puskesmas Bojongpicung Ditarif Rp50 Ribu, Ada Pungli?

“Ikan segar meliputi nila, mujair, sepat, tenggiri, cumi, bandeng sampai udang. Kalau ikan yang dikeringkan ini misalnya ikan asin. Sampel yang diambil merupakan yang paling sering dikonsumsi masyarakat,” katanya.