Kadiskar PB Kota Bandung Sebut Jangan Terpancing Berita Hoaks Soal Monyet Yang Sepat Berkeliaran di Tengah Kota

Kawanan monyet liar di pemukiman warga Bandung
Kawanan monyet liar di pemukiman warga Bandung. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Beberapa hari ke belakang Kota Bandung kembali dihebohkan dengan beredarnya video monyet yang turun ke permukiman warga di Kota Bandung.

Dalam video yang beredar tersebut disertai dengan deskripsi sebagai berikut: “Hari ini Jumat 2 Desember 2022 kawanan monyet berjumlah banyak turun dari kawasan hutan Dago Lembang pegunungan Maribaya Manglayang hingga masuk perumahan Cikutra Dago Antapani dan Pertanda apakah di habitatnya sudah tidak nyaman aman?? Sehingga menyebabkan mendesak segera migrasi besar-besaran ke arah Kota Bandung atau apakah ada pertanda alam akan terjadinya sesuatu bencana gempa bumi??”

Hal ini kemudian dikaitkan dengan fenomena dan juga bencana alam yang disebut-sebut akan melanda Kota Bandung.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) kota Bandung, Gungun Sumaryana mengonfirmasi, video tersebut merupakan video lama yang terjadi di Sungai Sipai Martapura tahun 2021 silam dan bukan terjadi di Kota Bandung.

Oleh karenanya, Gungun mengingatkan masyarakat agar membiasakan untuk mengecek dan mengonfirmasi dahulu kebenaran informasi yang diterima kepada lembaga yang berwenang atau pihak kewilayahan.