Kampanye di Tengah Pandemi, Pengamat Kemukakan Konsep Hybird Media System

JABARNEWS | BANDUNG – Pengamat Komunikasi Politik, Adiyana Slamet mengungkapkan konsep Hybird Media System atau kombinasi dari seluruh saluran politik yang bisa dimanfaatkan dalam kampanye di Pilkada di tengah pandemi Covid-19.

“Pandemi ini memberikan tantangan baru bagi pasangan calon (paslon) untuk berlomba lomba memikat hati masyarakat, dengan keterbatasan pertemuan tatap muka, akan tetapi di tengah kemajuan tekhnologi Hybird Media System bisa menjadi solusi untuk meningkatkan rasa percaya masyarakat, terhadap Paslon,” kata Adiyana saat dihubungi, Selasa (10/11/2020).

Baca Juga:  Kerahkan Ratusan Personel Amankan Pilkades, Polres Sukabumi Kota Ancam Tindak Tegas Perusuh   

Dia menjelaskan, Hybird Media System adalah kombinasi pemanfaatan seluruh basis media dan komunitas yang bisa di gunakan sebagai saluran politik Paslon.

Adiyana menyebut, ada 3 ranah saluran politik, merangkul milenial pemula yang aktif menggunakan media sosial (medsos), pemanfaatan media mainstream tv dan radio, dan saluran komunitas.

Baca Juga:  Tren Naiknya Suku Bunga 2018, Bank BJB Tetap Bukukan Laba Rp 1,55 Triliun

“Ada 3 saluran politik yang bisa di manfaatkan saat ini, yaitu Media Baru (Medsos), Media Mainstream, dan basis Komunitas dengan mengutamakan keberpihakan visi misi terhadap Komunitas,” jelasnya.

Menurut Adiyana, ketiga media tersebut memiliki basis pengguna yang kuat, sehingga perlu di manfaatkan dengan maksimal untuk meningkatkan elektabilitas, popularitas, dan akseptabilitas.

Baca Juga:  Jabar dan Sumbar Jalin Kerja Sama di Sektor Pariwisata dan UMKM

“Pemanfaatan ketiganya ini sangat berpengaruh terhadap elektabilitas, kepercayaan publik dan pastinya bisa meningkatkan partisipasi publik untuk menyalurkan hak pilih mereka,” ucapnya.

“Meski begitu masyarakat yang hendak memilihpun harus senantiasa memperhatikan kualitas dari Paslon yang di yakini bukan sekedar memilih hanya karena pamor nya saja, guna melahirkan kepala daerah yang berkualitas dan siap membangun daerahnya,” tutupnya. (Rnu)