Jabar dan Sumbar Jalin Kerja Sama di Sektor Pariwisata dan UMKM

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah di Auditorium Istana Gubernur, Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (7/8/2022). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Daerah Povinsi Jawa Barat menjalin kerja sama dengan Pemda Provinsi Sumatera Barat di sektor pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan beberapa poin terkait pentingnya jalinan kerja sama ini demi menciptakan ekonomi kreatif dan koneksi antar wilayah yang semakin membaik.

Baca Juga:  Perseteruan Antar Preman di Pasar Bogor Berlanjut ke Tangan Polisi

Menurut Ridwan Kamil, tantangan besar terkait tiga guncangan global yang perlu diantisipasi yang akan mengubah kebiasaan seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman.

Baca Juga:  Tidak Ada Kendala Soal Pengadaan Lahan, Tol Getaci Siap Dibangun

“Guncangan pertama terkait pandemi Covid-19, lahir batin hidup kita berubah. Suka tidak suka kita dipaksa. Maka dari itu, yang namanya guncangan adalah perubahan yang dipaksa. Ibarat kita sedang nyaman duduk dipaksa berdiri. Pandemi juga begitu,” kata Ridwan Kamil dalam keterangan yang diterima di Kota Bandung, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Kaji Penyebab Utama Munculnya Gagal Ginjal Akut

Guncangan kedua adalah berkembangnya era digital. Ridwan Kamil menyebutkan, 80 juta lapangan pekerjaan akan hilang digerus zaman karena perubahan tersebut.