Kerahkan Ratusan Personel Amankan Pilkades, Polres Sukabumi Kota Ancam Tindak Tegas Perusuh   

Ilustrasi pengamanan pilkades serentak oleh pihak kepolsiain
Ilustrasi pengamanan pemilu oleh pihak kepolisian. (foto: istimewa)

JABARNEWS | SUKABUMI – Sedikitnya 700 personel gabungan disiagakan Polres Sukabumi Kota dalam pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak siklus II gelombang II di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang berlangsung pada 24 September 2023.

Menurut Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ary Setyawan Wibowo, ratusan personel tersebut sudah termasuk mereka yang bertugas di polsek.

Baca Juga:  Warga Cibungur Sukabumi Digegerkan Penemuan Mayat Wanita di Dalam Selokan

Menurut Ary, dari 71 desa yang akan melaksanakan pilkades serentak di 38 kecamatan, hanya enam desa yang berada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, termasuk satu desa di Kecamatan Kebonpedes, satu desa di Kecamatan Sukabumi, dua desa di Kecamatan Sukaraja, dan dua desa di Kecamatan Cisaat.

Baca Juga:  Pelajar yang Hina Nabi Muhammad di Sukabumi Diperiksa Polisi, Ini Faktanya

Meskipun wilayah hukum Polres Sukabumi Kota hanya melibatkan beberapa desa dalam pilkades. Namun demikian, pihaknya tetap berkomitmen untuk memastikan bahwa proses demokrasi di tingkat desa berjalan dengan lancar dan aman.

Baca Juga:  Geger Suara Gemuruh dan Getaran Misterius di Sukabumi, Fenomena Alam Apa?

Oleh karena itu, selain menempatkan personel untuk mengawasi lokasi pemungutan suara, pihaknya juga telah memberikan instruksi kepada personel untuk melakukan patroli dan memberikan pendidikan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi, serta memahami bahwa perbedaan dalam pilihan merupakan hal yang biasa dalam demokrasi.