Kasus Covid-19 Naik, Atalia Praratya Waspadai Dampak ke UMKM

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil saat menghadiri acara “Ngopi Cantik Bersama Ibu Cinta” di Dekranasda Store, Kota Bandung, Kamis (3/2/2022). (Foto: Istimewa).

Menurut Atalia, membantu para pelaku UMKM untuk bangkit tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri. Dibutuhkan peran dari swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan masyarakat umum.

“Hari ini saya informasikan kepada bapak dan ibu saatnya kita bangkit bersama-sama. Karena kita tidak bisa sendirian bagaimana produk-produk Jawa Barat bisa menasional atau bahkan bisa mendunia,” tuturnya.

Baca Juga:  Bulan Ini, Sebanyak 54 Titik PKL di Kota Bandung akan Ditertibkan

Pemerintah Provinsi bersama Dekranasda Jawa Barat sendiri memiliki beberapa program guna mendorong para pelaku UMKM untuk bangkit. Misalnya adalah dengan menyelenggarakan pameran-pameran dengan menampilkan produk unggulan Jawa Barat.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Jabar Selasa 4 Juni 2023

“Kemudian ada beberapa toko-toko. Kita punya di sini kerabat store, kita ada di taman mini, di IKEA dan sebagainya. Belum lagi kegiatan lain seperti pembinaan,” ucapnya.

Baca Juga:  Butuh Bantuan, Rumah Janda di Purwakarta Rata Dengan Tanah Disapu Angin Kencang

Atas dasar itu, Atalia mengumpulkan para stakeholder untuk sama-sama mendorong para pelaku UMKM survive dan bangkit dari pandemi. Acara yang dikemas dengan cara ngopi bersama ini menghadirkan instansi pemerintahan, BUMN/BUMD, hingga perusahaan e-commerce.