Ketua MPR: Semangat Perkokoh Persatuan dan Regenerasi dari Kabinet Baru

JABARNEWS | JAKARTA – Ketua MPR Bambang Soesatyo memberi apresiasi yang tinggi pada kearifan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Maruf Amin dalam membentuk formasi Kabinet Indonesia Maju yang dilantik di Istana hari ini.

Menurut Bambang, Kabinet Indonesia Maju memancarkan semangat memperkokoh persatuan. Terpilihnya sejumlah orang muda juga merefleksikan regenerasi kepemimpinan agar Indonesia mampu menanggapi perubahan zaman.

“Tentu saja saya dan masyarakat pada umumnya berharap kabinet baru ini lebih produktif. Sosok menteri pilihan Jokowi dalam kabinet ini memang belum tentu bisa memuaskan semua pihak. Tetapi, dengan mata hati dan pikiran yang jernih, kita bisa melihat dan memahami bahwa Presiden Jokowi sangat mengutamakan kerja merawat kebhinekaan dan memperkokoh persatuan,” ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Baca Juga:  Doni Monardo: Rata-rata Sudah di atas 92 Persen Penerapan Prokes di Pilkada

Lanjut Bambang, kesediaan Prabowo Subianto sebagai mantan rival dalam pemilihan presiden menerima ajakan Presiden Jokowi untuk menjadi anggota kabinet merefleksikan semangat kedua tokoh memperkokoh persatuan. Kearifan Jokowi-Prabowo ini diharapkan berdampak positif bagi kehidupan berbangsa. Tidak boleh lagi ada pengkotak-kotakan masyarakat akibat perbedaan.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, Polisi di Pematangsiantar Berhentikan Pengendara Motor

Dikatakan Bambang, Jokowi-Maruf dan partai koalisi pendukungnya juga bijaksana karena tidak mempraktikan prinsip the winner takes all. Jatah jabatan menteri untuk partai politik pendukung pasangan Jokowi-Maruf benar-benar dibatasi. Sejumlah pos kementerian pun dipercayakan kepada para profesional.

Menurut Bambang, melalui kabinet baru ini, duet pemimpin Jokowi-Maruf juga mempersiapkan regenerasi kepemimpinan. Kesan ini setidaknya bisa dibaca dari penunjukan orang-orang muda seperti Bahlil Lahadalia, Nadiem Makarim, Erick Thohir hingga Wishnutama untuk menerima jabatan menteri atau setingkat menteri.

Baca Juga:  Modal Parang, Pria Di Sergai Gasak 5 Android

“Semangat merawat kebhinekaan dan regenerasi kepemimpinan terpancar kuat dari formasi kabinet baru ini. Persoalan berikutnya adalah produktivitas. MPR berharap para menteri baru fokus dan produktif pada bidang tugasnya masing-masing. Kepada semua anggota Kabinet Indonesia Maju, Selamat Bekerja,” tukasnya. (Odo)