Kominfo Cianjur Jelaskan Keunggulan TV Digital Dibanding Analog

Ilustrasi TV Digital. (Foto: IStockphoto).

JABARNEWS I CIANJUR – TV digital dinilai memiliki kualitas gambar dengan resolusi tinggi dan suara lebih jernih dibandingkan dengan TV analog. Hal ini yang menjadi dasar hukum mulai proses migrasi pemancaran siaran khusus dari modulasi analog menjadi modulasi digital.

Baca Juga:  Pendistribusian STB Gratis Tahap 1 di Jabar Baru Satu Persen

Hal tersebut disampaikan Sekdis Kominfo Kabupaten Cianjur, Jawa Barat Gagan Rusganda, saat dihubungi langsung di sela acara di Cianjur Selatan, Jumat (10/6/2022).

“Bahkan lebih banyak saluran penyiaran dan dampak tidak langsungnya jaringan internet di sekitar jadi lebih cepat,” katanya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Pemerintah Pusat Sediakan Sinyal Digital di Wilayah Blank Spot

Ia mengatakan, meskipun sama-sama menggunakan teknologi digital, siaran televisi digital bukanlah siaran televisi melalui internet atau streaming. Hanya diperlukan antena ultra high frequency (UHF) serta perangkat televisi selama digunakan untuk menerima siaran televisi analog, sebagaimana diketahui, untuk mengakses informasi dan hiburan melalui siaran streaming.

Baca Juga:  Fraksi PDIP DPRD Sumatra Utara Angkat Bicara Terkait Pidato Romo Yang Marah-Marah di Pasar Lelo, Serdang Bedagai

“Masyarakat harus memiliki layanan data internet,” ujar Gagan.