Lestarikan Budaya Sunda, SMAN 1 Ciamis Suguhkan Rampak Kendang

JABARNEWS | CIAMIS – SMA Negeri 1 Ciamis gelar Pekan Olahraga Seni (Porseni) Tahun 2020 di Halaman SMA Negeri 1 Ciamis, Selasa (21/1/2020). Dalam Porseni tersebut menggelar acara Rampak Kendang untuk mengembangkan potensi dan bakat siswa dalam bidang olahraga maupun kesenian.

Ajang ini juga menumbuhkan minat bakat masyarakat terhadap seni musik perkusi. Secara bersama mereka memukul kendang dengan kedua tangan. Kaki pun juga ikut bermain mengalunkan irama serempak tiap-tiap kendang di yang dipukul. Sesekali mereka melakukan timpalan, menyuguhkan tontonan yang asyik.

Baca Juga:  Marak Tindakan Kriminalitas di Tempat Wisata, Polres Tasikmalaya Lakukan Pencegahan Sejak Dini

“Melalui kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut, terhitung 20-21 Januari 2020, mudah-mudahan para siswa-siswi dapat berkontribusi untuk Kabupaten Ciamis, khususnya tingkat Jawa Barat maupun di tingkat Nasional,” kata Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan SMA Negeri 1 Ciamis, Edi Kosasih kepada Jabarnews.com, Selasa (21/1/2020).

Baca Juga:  Bupati Sumedang Terpilih Janji Tegakkan Perda Miras

Menurutnya, seluruh siswa-siswi di SMA Negeri 1 Ciamis telah mempunyai berbagai macam talenta, sehingga dengan adanya kegiatan ini, pihak Sekolah mampu mengetahui kompetensi dan bakat yang dimiliki oleh siswa, sehingga nantinya pihak Sekolah dapat mengarahkan dan mendukung potensi tersebut.

“Selain menampilkan berbagai macam pentas dan kreatifitas siswa, kegiatan Porseni tersebut disuguhkan berbagai macam penampilan, yakni salah satunya penampilan seni kebudayaan sunda Rampak Kendang,” ujar Edi.

Baca Juga:  Potensi Zakat di Kota Bandung Capai Rp1,6 Triliun, Jumlah Mustahik Tembus 62.000 Orang

Edi mengatakan bahwa Rampak Kendang adalah sajian musik tradisional gendang atau kendang Sunda yang dimainkan bersama-sama secara serempak tersebut merupakan seni kesenian unggulan dari SMA Negeri 1 Ciamis.

“Selain memiliki bakat potensi di bidang kesenian sunda, siswa-siswi SMA Negeri 1 Ciamis juga tak kalah dan mampu bersaing di bidang cabang olahraga, yakni salah satunya cabang olahraga sepakbola,” ucapnya. (CR1)