Lewat Program OPOP, Ridwan Kamil Kagum Kemajuan Pesantren di Jabar Semakin Pesat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat bersilaturahmi di Pondok Pesantren Pink 03, salah satu Pesantren penerima bantuan di Kabupaten Bekasi, Sabtu (16/4/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BEKASI – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan apresiasi dan kekagumannya terkait kemajuan pesantren dalam Program One Pesantren One Product (OPOP).

Ridwan Kamil mengatakan, keberhasilan pesantren yang dapat menghasilkan produk-produk unggulan dengan pemasaran yang kian luas.

Baca Juga:  Ekonoi Jabar Tahun 2022 Minus 2,52 Persen

Menurut Ridwan Kamil, progres pesantren yang mengikuti Program OPOP se-Jawa Barat saat ini bertambah hingga 270 pesantren.

“Hari ini kita memulai Program OPOP tahun 2022. Ada sekitar 270 pesantren  yang menjadi peserta baru, sehingga dari total yang sudah ada sebanyak 2.574 sebagai pesantren lulusan Program OPOP di Jabar yang berhasil naik kelas sebagai pesantren mandiri secara ekonomi,” kata Ridwan Kamil di Kabupaten Bekasi, Sabtu (16/4/2022).

Baca Juga:  Soal Kriteria Cawagub di Pilgub Jabar 2024, Ridwan Kamil Singgung Perjodohan Politik

Program OPOP merupakan salah satu dari 17 Program untuk mewujudkan Pesantren Juara, yang bertujuan mendorong pesantren di Jabar lebih mandiri.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Beberkan Kondisi Terkini Kebakaran di TPA Sarimukti, Ternyata...