Lima Cara Menanam Rumput Gajah Agar Tumbuh Subuh, Perhatikan Langkahnya!

JABARNEWS | BANDUNG – Cara menanam rumput gajah memang terbilang gampang-gampang susah. Karena itu, ada baiknya kalian tidak menyepelekan. jika tidak, bisa membuat kalian gagal saat menanamnya.

Saat sudah mengetahui cara menanam rumput gajah, kalian bisa memanfaatkanya dengan membudidayakan tanaman jenis ini. Tentunya hal itu menjadi salah satu peluang bisnis. Namun, Bagaimana cara menanam rumput gajah?

Berikut beberapa cara menanam rumput gajah agar subur dan sehat yakni:

Pertama. Siapkan Lahan Kosong – Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menanam rumput gajah ialah dengan menyiapkan lahan kosong. Kamu bisa memilih lahan kosong di tepi sawah atau galengan sebagai pagar tanaman utama atau di sawahnya.

Baca Juga:  Sekolah di Muaragembong Bekasi Ambruk, 20 Siswa Jadi Korban

Namun, pastikan kamu menggunakan tanah yang gembur dan subur ya. Jika tanah tersebut miskin hara, sebaiknya pupuk terlebih dahulu dengan pupuk kandang. Untuk pengolahan atau persiapan lahan, sebaiknya lakukan pada akhir musim kemarau menjelang musim hujan.

Kedua. Penanaman Bibit – Penanaman bibit rumput gajah dapat dilakukan dengan metode biji maupun secara vegetatif. Kamu juga dapat mengembangbiakkan melalui biji, stek, dan sobekan rumpun.

Penanaman bibit menggunakan stek dan sobekan rumpun cenderung lebih mudah dikerjakan serta tanaman akan lebih cepat tumbuh besar daripada metode biji. Sementara pada teknik sobekan rumpun, ambil tiga hingga empat akar rumpun yang berukuran tidak terlalu kecil.

Baca Juga:  Jalur Alternatif Garut-Tasikmalaya Longsor, Ini Imbauan Polisi untuk Pengendara

Ketiga. Pemupukan Susulan – Proses pemupukan susulan yang pertama bisa dilaksanakan ketika tumbuhan rumput gajah telah berusia sekitar dua hingga tiga minggu.

Kamu bisa menggunakan pupuk urea dan KCI dengan dosis sesuai anjuran. Pemupukan berikutnya dilakukan saat tanaman berusia dua hingga tiga minggu dihitung dari waktu panen.

Keempat. Pemeliharaan Tanaman – Tanaman rumput gajah sebenarnya tidak diperlukan perawatan khusus. Untuk pemeliharaan secara berkala, kamu bisa memeliharanya dengan menyulam serta menyiangi tanaman agar tumbuh sesuai dengan jalur tanamnya.

Proses pengairan juga perlu dikerjakan sebelum dilangsungkan pemupukan susulan, khususnya saat kondisi lahan terlalu kering. Rumput gajah yang dipelihara dengan benar dan sesuai akan mempunyai produktivitas yang lebih baik.

Baca Juga:  Pendaftaran CPNS 2018 2 Hari Lagi, Ini 5 Instansi Paling Sedikit Pelamar

Kelima. Proses Panen – Secara umum, pemanenan rumput gajah yaitu saat berusia 40 hari atau sebelum tumbuhnya bunga. Jika melewati umur tersebut, tanaman sudah menghasilkan bunga sehingga batangnya pun akan menjadi keras.

Nilai gizi yang terkandung pada rumput yang terlalu tua ini juga sudah menurun. Proses panen rumput gajah dapat dilakukan dengan memotong ruas batang terbawah rumput gajah hingga menyisakan hanya setinggi 5-10 cm. (Red)