Sempat Terganggu Akibat Gempa Garut, PT KAI Pastikan Jalur Kereta Api Aman

Daftar Kereta Api Tambahan dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2023
PT KAI memastikan jalur kereta api aman dilewati. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan bahwa jadwal perjalanan kereta api tidak terganggu pasca gempa dengan kekuatan M6,5 yang mengguncang Garut pada Sabtu (27/4) malam di Kabupaten Garut. Perjalanan kereta api, khususnya di wilayah Daop 2 Bandung, dinyatakan aman.

Baca Juga:  BNPB Sebut Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Garut, Ini Datanya

Manager Humas Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi, menyatakan bahwa pihaknya telah memberlakukan berhenti luar biasa (BLB) pada kereta api saat gempa bumi terjadi untuk memastikan keamanan jalur yang akan dilalui serta mencegah kendala.

Baca Juga:  PT KAI Siapkan Diskon hingga 25 Persen untuk Tiket Kereta Api Jarak Jauh

“Tindakan cepat tersebut untuk memastikan tidak adanya kerusakan baik pada jalan rel, atau struktur jembatan yang ada di wilayah Daop 2 Bandung, serta guna mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu perjalanan kereta api,” kata Ayep pada Minggu (28/4).

Baca Juga:  Habib Bahar Kembali Ditangkap Petugas, Ini Alasannya

Ayep juga menambahkan bahwa sebanyak 11 KA mengalami gangguan akibat gempa tersebut. Beberapa perjalanan KA yang mengalami gangguan tersebut diantaranya PLB 7027A (KA Pangandaran), KA 385 (Commuterline Bandung Raya), dan KA 348 (Commuterline Bandung Raya).