Longsor Ketujuh Kalinya, Jalur Selatan Cianjur Kembali Ditutup

Ilustrasi – Longsor kembali menutup jalur selatan Cianjur.

Hingga Rabu petang, terang dia, jalan di selatan Cianjur tersebut masih tertutup total dari kedua arah, karena tertutup oleh longsor.

Ia menjelaskan, longsor untuk ketujuh kalinya terjadi setelah hujan turun deras dengan intensitas lebih dari dua jam, sehingga tanah tebing yang labil kembali longsor membawa lumpur, batu berbagai ukuran dan pohon berukuran besar.

Baca Juga:  Lawan Longsor, Warga Cikidang Lembang Bandung Barat Diminta Tak Dekati Daerah Ini

“Saat ini, alat berat yang sempat ditarik karena sudah tuntas membersihkan longsor sepanjang 8 meter dengan ketinggian lebih dari dua meter, kembali diturunkan ke lokasi untuk membersihkan material longsor dengan panjang 10 meter, tinggi 2 meter,” katanya. 

Baca Juga:  Jawaban RSHS Bandung Soal Video Viral Dugaan Pasien Dicuekin Petugas

Camat Pagelaran Denny W Lesmanal mengatakan, material longsor seperti lumpur, kerikil hingga bebatuan yang berada di tebing Cadas Hidueng kembali longsor setelah hujan deras turun, sehingga petugas gabungan langsung menutup jalur dari kedua arah guna mengantisipasi hal tidak diinginkan.

Baca Juga:  Diguyur Hujan Deras, Jalan Tasikmalaya-Garut Via Salawu Longsor

“Saat hujan lebat kembali turun, petugas gabungan terdiri dari relawan, TNI/Polri dan warga, langsung menutup jalan, sebagai upaya menghindari jatuhnya korban jiwa atau materil. Hingga petang, tebing sekitar setinggi 50 meter, masih bergerak,” katanya.