Mahasiswa USU Medan Field Trip di Serdang Bedagai, Ini Penelitiannya

Ulfa Ramadhani Siregar melakukan kegiatan Field Trip ke Desa Kuala Lama, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai. (Foto: Istimewa).

Menurut dia, kegiatan Field Trip dan pengabdian kepada masyarakat ini dibimbing oleh satu orang dosen dan didampingi dua orang asisten dosen. Juga terkait pemenuhan materi pada mata kuliah Studio Perencanaan dan Perencanaan Tata Ruang dengan Dosen Pengampu Dr. Achmad Siddik Thoha, S.Hut, M.Si.

“Dalam kegiatan ini, kedua mahasiswi melakukan dokumentasi terhadap atraksi wisata, fasilitas dan kondisi aksesibilitas kawasan ekowisata dengan aplikasi photo geotagging (Open camera atau Time stamp) saat melakukan survey lapangan dan tracking,” ungkap dia.

Baca Juga:  Pengedar Pil Ekstasi Asal Serdang Bedagai Ditangkap Polisi di Tebing Tinggi

Ulfa menambahkan, disamping itu mahasiswa juga mendokumentasikan fasilitas umum desa (Fasum) saat materi pemetaan dengan drone serta melakukan wawancara dan diskusi dengan aparat desa, operator ekowisata serta masyarakat untuk keperluan pengambilan data primer.

Baca Juga:  Curi Motor Karyawan Kebun, Pria Asal Serdang Bedagai Ditangkap Polisi

“Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian langsung yang dilakukan mahasiswa/i dan dosen dengan harapan dapat meningkatkan rasa peduli dan empati terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat, kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan masalah dan memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada di sekitar,” ujar dia.

Baca Juga:  Polisi Amankan Ratusan Botol Miras Di Sukahaji Majalengka

Kegiatan ini merupakan wujud nyata Tri Darma Perguruan Tinggi pada Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara yang sekarang dipimpin oleh Prof. Ir. T. Sabrina, M. Agr. Sc, Ph.D selaku Direktur Sekolah Pascasarjana, dan Dr. Ir. Satia Negara Lubis, M.Ec selaku ketua program studi Magister Pengembangan Wilayah dan Pedesaan.