Maraknya Stigma Negatif, 300 Waria Bekasi Diberi Pelatihan

JABARNEWS | BEKASI – Stigma negatif bagi waria atau disebut dengan istilah transperempuan jadi trending topik di masyarakat saat ini. Untuk itu Pemerintah Kota dan Kabupaten di Bekasi, Jawa Barat melakukan upaya perlindungan.

“Lebih dari 300 transperempuan yang ada di Bekasi ingin dapat perlindungan dari pemerintah. Mereka ingin mendapat perlindungan dari perlakuan kekerasan salah satunya,” ungkap Ketua Balai Perempuan Kota Bekasi seperti dikutip dari laman gobekasi pada Senin (2/4/2018).

Baca Juga:  7 Fakta Santriwati Hilang di Sukabumi, Ingin Jadi ART hingga Sopir Angkot Terfitnah

Indri sebut bahwa transperempuan berhak diperlakukan manusiawi sebagai ciptaan Tuhan. Banyak yang sudah mengakui kalau dirinya adalah transperempuan dan tidak semua transperempuan melakukan hal-hal negatif.

“Kita memandang mereka juga sebagai manusia. Bahkan ada yang melapor langsung kepada saya untuk meminta supaya ada perlindungan dari pemerintah,” katanya.

Indri berharap tidak ada transperempuan yang melakukan tindak kriminal dan melanggar aturan agama. Juga untuk memberikan mereka keahlian Insya Allah ke depan akan diberi keterampilan bagi transperempuan di Bekasi ini.

Baca Juga:  Sekda Bekasi Dinilai Tidak Netral, Mahasiswa Demo Di Gedung Sate

“Pada dasarnya memang balai perempuan merupakan wadah pendampingan untuk perempuan. Namun mereka karena banyak yang merasa sebagai wanita tetap kita tampung dan diberi wejangan,” jelasnya.

Indri sebut pemberian keterampilan ini dilakukan agar berkurangnya hal negatif yang kadang dikaitkan dengan kaum transperempuan ini. Juga bisa menciptakan lapangan kerja di masyarakat yang berujung menurunkan pengangguran.

Baca Juga:  Jelang Penggantian Tahun, Lokasi Wisata Berastagi Mulai Dipadati Pengunjung

“Memang selama ini belum ada pembinaan khusus bagi transperempuan di Bekasi. Tapi kedepannya mengingat mereka juga manusia yang punya potensi kita akan berikan keterampilan yang menunjang kemandirian mereka,” ujar Indri lagi. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat