Masyarakat Desa Sukasari Purwakarta Dilatih Membuat Kerajinan Berbahan Eceng Gondok

Pelatihan pemanfaatan Eceng Gondok menjadi produk kerajinan di Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

Maka dari itu, sambu Tanissa, dirinya berinisiatif untuk membuat acara pelatihan pemanfaatan Eceng Gondok menjadi produk kerajian berkolaborasi dengan Komunitas Pecinta Alam Sukasari (Kompas) yang dilaksanakan gratis tanpa dipungut biaya apapun.

“Pelatihan yang sebelumnya dilakukan secara personal kepada masyarakat terdekat. Sekarang dalam jumlah yang lebih besar, peserta sekitar 30 orang lebih yang terdiri dari usia produktif,” imbuhnya.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kabupaten Purwakarta, Jumat 1 Juli 2022

Tujuannya, kata Tanissa, agar masyarakat dilatih mandiri dan berkarya ditengah harga yang sedang meroket.

“Dengan berkarya sehingga masyarakat dapat berdaya, setelah berdaya masyarakat dapat saling membantu satu sama lain sehingga masyarakat dapat berjaya,” jelas Tanissa.

Baca Juga:  Mantan Istri Nikah Lagi, Dedi Mulyadi Malah Singgung Masa Lalu

Hal senada disampaikan oleh pengrajin, Irsad Irawan, semoga kedepannya diadakan pendampingan secara berkelanjutan.

Pelatihan pemanfaatan Eceng Gondok menjadi produk kerajinan di Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

Ia menyebut, dengan tumbuhan Eceng Gondok ini banyak manfaatnya salah satunya menjadi kerajinan, yang pasarnya sudah mendunia.

Baca Juga:  Soal pesen berantai Akan Adanya Penyerangan Geng motor ke Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain Bilang Begini

“Masyarakat Purwakarta pun bisa menjadikan produk kerajinan eceng sebagai produk iconic Purwakarta bersama Eceng Kreasi Purwakarta (EkraP),” tutur Irsad. (Gin)