Melalui Kejurda Offroad, Komunitas Jeep Promosikan Wisata Garut

JABARNEWS | GARUT – Melalui Kejuaraan Daerah (Kejurda) Seri 3 Offroad Adventure di kawasan Citiis, Gunung Guntur, Kabupaten Garut. Tergabung dalam Kumpulan Jeep Anak Garut (Kujang), Komunitas mobil tersebut turut promosikan objek wisata diwilayah tersebut.

“Kegiatan yang kami laksanakan di Citiis, kawasan galian pasir Gunung Guntur ini sebagai ajang promosi wisata di Kabupaten Garut,” kata Wakil Ketua Kujang, Nahdi Nahdiyanto di sela-sela acara Kejurda Seri 3 Offroad di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan, kegiatan olahraga tersebut digelar selama dua hari 14 sampai 15 Desember yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Baca Juga:  Lagi Cari Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini? Cek Disini

Menurut dia, kegiatan itu telah membawa dampak yang cukup baik untuk sektor pariwisata di sekitar Gunung Guntur termasuk kawasan objek wisata air panas Cipanas Garut.

“Kegiatan seperti ini telah membawa dampak yang cukup signifikan yaitu bisa mempromosikan wisata di Garut seperti Cipanas,” katanya.

Ia mengungkapkan, dampak positif lain dari kegiatan tersebut yakni menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat dengan berjualan makanan, minuman maupun cinderamata yang menarik bagi peserta kejuaraan atau penonton.

Baca Juga:  Ada 3 Daerah di Jabar pada Pilkada 2020 Berisiko Tinggi Covid-19

Menurut dia, kawasan Gunung Guntur memiliki daya tarik tersendiri yaitu terdapat pemandangan alam yang indah, dan lokasinya tidak jauh dari perkotaan Garut atau jalan raya.

“Lokasinya cukup refresentatif juga syarat dengan pemandangan yang bisa menghibur atau melepas lelah para offroader dan masyarakat yang menyaksikan kejurda tersebut,” katanya.

Ia berharap, pemerintah bisa lebih bersinergi dalam membangun kawasan wisata di Gunung Guntur sehingga menjadi destinasi paket wisata yang dapat dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Kapolresta Deli Serdang Minta Bhabinkamtibmas Sosialisasi Prokes

“Pemerintah bisa bersinergi dalam mengembangkan kawasan Citiis yang lebih representatif sehingga bisa dijadikan tujuan wisata paket,” katanya.

Ketua Umum Kujang sekaligus penyelenggara Kejurda Offroad Seri 3, Mustari menambahkan, ada 60 peserta offroader jeep yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk lima peserta perwakilan dari Garut.

“Sekitar 60 peserta offroader dari berbagai daerah di Indonesia dan didominasi oleh offroader Jabar,” katanya. (Ara)