Mengenal Ragam Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Habbatussauda adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama Nigella sativa dari keluarga Ranunculaceae, tanaman asli Asia Selatan dan Asia Barat yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Di negara asalnya, jintan hitam sering digunakan sebagai bumbu penyedap dan pengawet alami untuk masakan India dan Timur Tengah. Jintan hitam memiliki rasa dan aroma khas pahit-pedas seperti kombinasi bawang merah, lada hitam, dan oregano.

Baca Juga:  Vaksin Booster Sasar Hampir 300 Ribu Warga Kota Bandung, di Sini Lokasinya

Namun dibalik itu semua, Habbatussauda ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut diantaranya:

Pertama. Meredakan Asma – Dilansir dari WebMD, penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi habbatussauda bersama dengan obat asma, dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada beberapa penderita asma.

Asma adalah kondisi kronis di mana lapisan saluran udara membengkak dan otot-otot disekitarnya mengerut, sehingga sulit bernapas. Beberapa studi menunjukkan bahwa minyak jintan hitam, dan khususnya timokuinon dalam minyaknya, dapat membantu dalam mengobati asma dengan mengurangi peradangan dan mengendurkan otot-otot di saluran napas.

Baca Juga:  Gegara Ini, Petani Cabai di Purwakarta Merugi

Kedua. Menurunkan Kadar Diabetes – Bagi penderita diabetes, kadar gula darah tinggi secara konsisten terbukti meningkatkan risiko komplikasi, termasuk sakit ginjal, penyakit mata, dan stroke.

Beberapa penelitian pada individu dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa dosis 2 gram habbatussauda per hari dapat secara signifikan mengurangi kadar gula darah selama 2-3 bulan.

Baca Juga:  Pesan Terakhir Bima Arya, Minta Masyarakat di Kota Bogor Jaga Fasilitas Publik

Ketiga. Melindungi Kesehatan Otak – Neuroinflamasi adalah peradangan jaringan otak. Kondisi yang dianggap memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

Penelitian menunjukkan bahwa timokuinon dalam habbatussauda dapat mengurangi peradangan saraf. Oleh karena itu, khasiat habbatussauda dapat membantu melindungi otak dari gangguan, seperti penyakit Alzheimer atau Parkinson. (Red)