Muhamad Sidkon: Perempuan Sebagai Aktor Penting Dalam Pembangunan Masyarakat Desa

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Pembangunan desa yang berkelanjutan harus juga didorong oleh partisipasi aktif dari kaum perempuan. Agar, tujuan pembangunan desa bisa adil gender yang dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan.

Salah satu sektor yang bisa didorong oleh peran perempuan di desa adalah pendidikan. Perempuan harus menjadi aktor penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat desa akan pentingnya berpendidikan.

“Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti memastikan semua anak-anak yang ada di desa itu bersekolah. Lalu, memastikan juga bahwa Dana Desa bisa digunakan untuk peningkatan kualitas pendidikan,” papar Muhamad Sidkon Dj, S.H., Tenaga Ahli Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, saat memberikan materi dalam acara Sekolah Kader KOPRI, Gedung Islamic Center Mesjid Raya At-Taqwa, Kota Cirebon, (06/12/2018).

Baca Juga:  Beraksi di siang bolong, Seorang Perampokan dihakimi Warga Purwakarta Begini Kronologinya

Lanjutnya, maka diperlukan peran-perang aktivis perempuan untuk bergerak mendorong dan menggugah para perempuan-perempuan di desa untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan desa.

“Akan menjadi hal yang luar biasa apabila semua perempuan di desa bisa aktif dalam setiap program pembangunan di desa. Karena kaum perempuan ini memiliki konsistensi dan komitmen kuat dalam melakukan sesuatu hal. Dan tentunya saya setuju, bahwa pembangunan di desa juga harus adil gender,” jelas Muhamad Sidkon yang juga Calon Anggota Legislatif DPRD Provinsi Jawa Barat dapil 12 (Kab. Indramayu, Kab. Cirebon, Kota Cirebon) dari Partai PKB dengan nomor urut 1.

Baca Juga:  Imron Rosyadi Minta Ketua FKKC Baru Bisa Jadi Fasilitator Pemkab dan Desa

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua KOPRI (Korps PMII Putri) Kota Cirebon Fadlunissa, mengatakan bahwa sebagai gerakan perempuan Indonesia berbasis mahasiswa, KOPRI siap mewujudkan gerakan pembangunan berkelanjutan masyarakat di desa yang adil gender.

Baca Juga:  Parah! Oknum Sopir Angkot di Cianjur Lecehkan dan Sekap Siswi SMK

“KOPRI selalu membekali kader-kader kami dengan keilmuan seperti advokasi kebijakan publik, salah satunya soal kebijakan dan pengembangan pembangunan di desa,” katanya di depan puluhan peserta Sekolah Kader KOPRI.

Sekolah Kader KOPRI ini memberikan 8 materi wajib, seperti keputrian, teknik lobbying, advokasi kebijakan publik, di antaranya strategi pembangunan masyarakat di desa sebagai materi pilihan yang menghadirkan Muhamad Sidkon Dj, S.H. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat