Nasrudin Azis Tetapkan Status Siaga Kebakaran TPA Kopi Luhur Cirebon

TPA Kopi Luhur
Kebakaran di area TPA Kopi Luhur Kota Cirebon, Sabtu petang (9/9/2023). (Foto: Kompas).

JABARNEWS | CIREBON – Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis mengatakan bahwa pihaknya menetapkan Status Siaga kepada seluruh dinas terkait untuk mengantisipasi titik api di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kopi Luhur yang kembali menyala.

Menurut dia, proses pemadaman di TPA Kopi Luhur harus dilakukan secara bertahap, mengingat material tumpukan sampah di lokasi itu sangat mudah terbakar.

Baca Juga:  Warga Kota Bandung Diimbau Pakai Masker, Ini Penyebabnya

“Ini yang saya garisbawahi secara tebal. Saya menginstruksikan dinas terkait untuk berupaya sekuat tenaga agar kebakaran ini tidak menjadi bencana,” kata Azis di Cirebon, Senin (11/9/2023).

Baca Juga:  Dua Lahan Kosong di Tasikmalaya Terbakar, Gara-gara Bakar Sampah?

Akan tetapi pihaknya memastikan jumlah titik api saat ini berkurang. “Ini menunjukkan bahwa di dalam tumpukan sampah ini masih ada bara atau api, yang sewaktu-waktu bisa muncul,” tambahnya.

Baca Juga:  DPRD Jabar Ingin Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon Bisa Tingkatkan Indeks Kebahagiaan Masyarakat

Azis menjelaskan, untuk menangani peristiwa kebakaran itu, pihaknya tengah fokus mengeruk tumpukan sampah guna mengurai bara api yang masih menyala di dalamnya. Selanjutnya, kata dia, bara api itu akan dipadamkan sehingga suhunya yang semula panas menjadi dingin.