Nias Barat diguncang Gempa Tektonik 5.0, Dirasakan Sampai Nias Utara

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi. (Foto: Dodi/JabarNews)

JABARNEWS I NIAS BARAT – Gempa tektonik berkekuatan magnitude 5.0 guncang Kabupaten Nias Barat, Sumatra Utara, gempa bumi tidak berpotensi tsunami, Jumat (22/4/2022) pukul 03.23 WIB.

Data Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), titik koordinat gempa terletak 0,47° LU dan 96,83° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 89 Km arah Barat Daya Nias Barat pada kedalaman 19 km.

Baca Juga:  El Nino di Indonesia Bakal Terjadi pada Bulan Juni, Baca Prediksi BMKG Disini

PMG Muda, staf Operasional PGI I, BBMKG Wilayah 1 Medan, Nesia Sabrina mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di dasar laut.

Baca Juga:  BMKG, Informasi Prakiraan Cuaca di Jawa Barat Jumat 24 Maret 2023

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser dan tidak berpotensi tsunami,” ucapnya.

Kata dia, berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap). Gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Sirombu, Nias Barat dengan skala intensitas II – III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Baca Juga:  Polisi Ungkap Pemesan Miras Lewat Paket dari Bali di Tasikmalaya