Pandeglang Banten Dua Kali Diguncang Gempa Bumi

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi. (Foto: Dodi/JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG – Wilayah Pandeglang, Banten dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik Sabtu, 26 Maret 2022 sekitar pukul 12:23.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi pertama (pendahuluan) ini berkekuatan M=2,5. Episenter terletak pada koordinat 6.33 LS dan 105.95 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 km TimurLaut Labuan-Banten pada kedalaman 8 kilometer.

Sedangkan gempa bumi kedua berkekuatan M=2,9. Episenter gempa kedua terletak pada koordinat 6.33 LS dan 105.96 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 km TimurLaut Labuan-Banten pada kedalaman 4 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kedua gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal didaerah tersebut.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi pertama (pendahuluan) ini dirasakan di wilayah Mandalawangi dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang) .