Paskibra Asal Tasikmalaya & Bekasi Berhasil Lolos Ke Tingkat Nasional

JABAR NEWS | BANDUNG – Dua anak muda berbakat asal Tasikmalaya dan Bekasi berhasil lolos menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional.

Kedua anak muda tersebut mewakili Provinsi Jawa Barat yang akan bertugas pada hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke 72 di Istana Merdeka.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Jawa Barat Yudha M Saputra usai mengikuti upacara pengukuhan Paskibraka di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Senin (14/08/2017).

Yudha mengatakan, kedua perwakilan Jabar tersebut merupakan anggota Paskibraka terbaik yang diseleksi melalui proses panjang.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Kamis 16 Februari 2023

Dari 108 orang calon Paskibraka yang lolos seleksi dari 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat yang kemudian dipilih 56 orang. Dan kemudian diseleksi kembali sehingga terpilih dua perwakilan. Terdiri dari satu putra dan satu putri yang lolos untuk mewakili Jawa Barat di tingkat Nasional.

“Keduanya merupakan yang terbaik yang behasil lolos dengan melalui seleksi ketat. Mulai dari kedisiplinan, baris berbaris, bahasa dan etitude juga kami nilai,” ujar Yudha.

Baca Juga:  Dinas PUTR Kabupaten Cirebon Percepat Perbaikan Jalan Strategis

Yudha menjelaskan ada hal menarik dalam proses pemilihan Paskibraka tingkat Nasional ini. Dikarena adanya ketentuan dari pemerintah pusat bahwa mereka harus bisa menggunakan alat musik tradisional.

“Yang menarik mereka adalah mereka harus mampu berkesenian. Sebab nanti mereka tampil di Istana itu harus menampilkan kesenian dari masing-masing daerah. Dari kemampuan yang sangat kompleks itu kami pilih dua orang, satu putra dan satu putri,” jelasnya. 

Baca Juga:  Pemkab Garut Janjikan Bantuan Rp1 Juta untuk Warga Korban Banjir

Ia menambahkan proses seleksi dilakukan dengan sangat ketat dan objektif untuk mendapatkan yang terbaik sehingga tidak mengecewakan semua pihak.

“Kami betul-betul selektif, tidak ada titip-titipan. Saya tidak mau mencederai karena mereka mewakili Provinsi Jawa Barat. Saya tekankan kepada mereka bahwa mereka harus membanggakan tidak boleh mengecewakan,” tambahnya.

Untuk diketahui kedua perwakilan tersebut adalah Muhammad Naufal Ramadhan yang berasal dari Tasikmalaya dan Anisa Wulandewi yang berasal dari Bekasi. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat