Pekerja Jatuh dari Ketinggian 7 Meter di Komplek Gedung Sate Bandung, Begini Kata Pj Gubernur

Bey Machmudin
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin. (Foto: Biro Adpim Jabar).

“Saya tadi tanya ke Kabiro Umum, saya tegur, dan yang pertama itu harus menjadi yang terakhir. Karena faktor safety-nya tidak diperhatikan dan harus diperhatikan betul,” kata Bey.

Bey juga menegaskan bahwa Biro Umum tidak boleh membiarkan proses pengerjaan proyek renovasi berlangsung tanpa memperhatikan aspek keselamatan pekerja.

Tak hanya itu, Bey juga mengingatkan bahwa pekerja seperti Juan, yang mengalami patah tulang dalam kecelakaan kerja, tidak boleh ditelantarkan. Mereka harus mendapatkan perawatan medis yang adekuat dan pemantauan hingga sembuh sepenuhnya.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca di Bandung Raya Jumat 10 Maret 2023

Untuk memastikan pengawasan yang lebih ketat, Bey sudah melakukan teguran langsung kepada Kabiro Umum dalam rapat pimpinan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hal ini dilakukan agar pengawasan proyek-proyek konstruksi bisa mencapai tingkat keselamatan yang maksimal.

“Saya minta jangan sampai terulang lagi kejadian di mana tidak ada aspek keselamatan kerja sama sekali. Ini harus diperhatikan dan diawasi hingga proses pemulihan pekerja selesai,” tambahnya.

Baca Juga:  Kisruh Pilkades Neglasari Kadupandak Belum Usai

Adapun Juan, yang mengalami kecelakaan saat merenovasi masjid, bekerja untuk CV Bumi Besemah Sentosa, yang dikontrak oleh Sub Bagian Rumah Tangga Setda Provinsi Jawa Barat.

Kasubag Rumah Tangga Biro Umum Setda Provinsi Jabar, Ovie Artika, membantah bahwa pihaknya mengabaikan prosedur pengamanan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Ovie menjelaskan bahwa prosedur K3 telah dijelaskan kepada para pekerja. Bahkan, menurutnya, setiap pekerjaan memiliki pengawas. Namun, ia juga menegaskan bahwa kondisi di lapangan tidak selalu dapat dipantau setiap hari oleh pihaknya karena ada pengawas yang seharusnya bertanggung jawab atas pengawasan langsung.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini Jumat 28 Oktober 2022

Insiden kecelakaan kerja ini menunjukkan pentingnya pengawasan ketat dalam setiap proyek konstruksi demi menjaga keselamatan para pekerja. Semua pihak terkait diharapkan dapat bekerja sama untuk mencegah kecelakaan serupa terjadi di masa depan. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News