Pemkab Bandung Gulirkan Bantuan Modal Usaha Tanpa Bunga bagi Warganya, Begini Cara Mengikutinya

Program Kartu Wirausaha Modal Bergulir Bedas
Program Kartu Wirausaha Modal Bergulir Bedas. (foto: Instagram)

Demi program ini, kata Dadang, pada tahun 2022, Pemkab Bandung sudah menggelontorkan anggaran sebesar Rp40 miliar yang ditempatkan di dua bank, yaitu Bank BPR Kertaraharja Kabupaten Bandung sebesar Rp20 miliar dan BJB Cabang Soreang/Majalaya sebesar Rp20 miliar.

Kemudian pada tahun 2023, Pemkab Bandung juga menggelontorkan anggaran untuk program yang sama sebesar Rp30 miliar. Sehingga dana yang ditempatkan sebagai penyertaan modal non permanen di dua bank tersebut sebesar Rp70 miliar.

Baca Juga:  Jadwal Adzan Magrib Untuk Kota Bandung Hari ke 4 Bulan Ramadhan

Meski sifatnya pinjaman, bagi masyarakat Kabupaten Bandung yang ingin mengikuti program ini tidak dikena bunga dan tak dikenakan jaminan.

“Nasabah tidak dikenakan bunga bank (0%). biaya administrasi dan asuransi, semuanya disubsidi oleh Pemda Kabupaten Bandung berdasarkan jumlah uang yang disalurkan kepada nasabah yang disetujui oleh bank bersangkutan dan ditagihkan kepada Dinas Koperasi dan UMKM,” jelas Dadang melalui akun media sosialnya.

Baca Juga:  Jasaraharja Putera Beri Santunan ke Pengemudi Ojol di Bandung

Bagi masyarakat Kabupaten Bandung yang ingin mengikuti program Kartu Wirausaha Modal Bergulir Bedas, untuk teknisnya bisa datang langsung ke Bank BPR Kertaraharja Kabupaten Bandung dan BJB Cabang Soreang/Majalaya. (red)

Baca Juga:  Penjelasan Dinkes Jabar Soal Kasus Puluhan Anak Keracunan Chiki Ngebul