Personel Polresta dan TNI Diterjunkan Bantu Warga Terdampak Puting Beliung Cirebon

JABARNEWS | CIREBON – Personel Polresta Cirebon dan TNI diterjunkan untuk membantu warga terdampak puting beliung di Desa Selangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon.

Mereka ditugaskan membantu memperbaiki rumah yang rusak akibat diterjang puting beliung pada Sabtu (02/01/2021) lalu. Para personel disiagakan di Desa Selangit sejak Minggu kemarin untuk membantu masyarakat memperbaiki rumah yang terdampak.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Syahduddi mengatakan, personel Polresta Cirebon disiagakan di Desa Selangit secara bergiliran hingga tujuh hari kedepan. Agar para petugas dapat membantu warga setiap saat ketika dibutuhkan.

Baca Juga:  Nikah Siri di Pangandaran Bisa Dapat Kartu Keluarga? Ini Penjelasan Disdukcapil

“Hari ini kami menerjunkan 50 personel, dan mereka bahu-membahu membantu memperbaiki kerusakan rumah warga yang terdampak,” katanya. Selasa (05/01/2021)

Ia mengatakan, hingga kini tercatat 315 unit rumah warga mengalami kerusakan akibat bencana puting beliung tersebut. Terdiri dari 288 unit rumah rusak ringan, 26 unit rumah rusak sedang, dan dua unit rumah rusak berat.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Mulai Agustus Sekolah dan Pesantren Jadi Sentra Vaksinasi

“Saat ini, petugas gabungan sedang fokus memperbaiki dua unit rumah yang mengalami kerusakan berat. Pasalnya, struktur bangunan dan tingkat kerusakannya cukup parah sehingga perlu perbaikan secara menyeluruh,” katanya.

Syahduddi berharap, proses perbaikannya dapat diselesaikan secepatnya sehingga dalam waktu dekat dapat ditempati kembali pemiliknya. Sementara rumah yang rusak ringan dan rusak sedang pun tengah diperbaiki oleh petugas gabungan.

Baca Juga:  Hutan Pinus Darmacaang Ciamis Jadi Sumber PADes

“Personel gabungan sudah turun membantu warga memperbaiki rumah rusak ringan dan sedang dari kemarin.

Untuk targetnya, lanjut Kapolresta seminggu ke depan seluruh rumah yang rusak akibat puting beliung ini selesai diperbaiki dan bisa ditempati lagi.

“Kita targetkan dalam waktu satu minggu kedepan, seluruh rumah yang mengalami rusak selesai diperbaiki,” katanya.

Penulis: Abdul Rohman