PLN UIP JBT dan Perhutani Sepakat Tingkatkan Konservasi Hutan di Sekitar PLTA Cisokan

Konservasi Hutan
Penandatanganan perjanjian peningkatan konservasi hutan PLTA Cisokan di kantor PLN UIP JBT, Kota Bandung. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) dengan Perum Perhutani menjalin kerjasama terkait Pelaksanaan Peningkatan Fungsi Konservasi Kawasan Hutan di Daerah Tangkapan Air Sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Air Upper Cisokan Pumped Storage (PLTA UCPS) 4 x 260 Mega Watt (MW).

Kerjasama ini dilatarbelakangi oleh kewajiban PLN terhadap pengelolaan keanekaragaman hayati di sekitar area proyek sebagai implementasi dari studi Biodiversity Management Plan (BMP).

Baca Juga:  Cegah Aksi Kriminalitas, Polda Jabar Siap Amankan Nataru

Dalam kesepakatan kerja sama ini akan berfokus pada zona Kawasan Penyangga Waduk PLTA UCPS yang terbagi dalam Zona 1 yaitu 15 Biodiversity Important Area (BIA), Zona 2 yang terbagi dalam 21 kawasan serta Zona 3 yaitu area dalam radius ± 500 m dari titik air tertinggi bendungan PLTA UCPS yang menjadi daerah konservasi sumber daya tanah dan air selain Zona 1 dan 2.

Baca Juga:  SMK Negeri 1 Cipongkor Kekurangan Ruang Kelas, Ini Kata DPRD Jabar

Melalui kerjasama ini juga akan dijalankan rencana operasional dan pelaksanaan peningkatan fungsi konservasi yang terdiri dari perencanaan, penguatan kelembagaan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), rehabilitasi yang terdiri atas reboisasi dan pengkayaan, perlindungan dan juga monitoring dan evaluasi.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Harap PWRI Jabar Tanggapi Isu Kekinian yang Berkembang di Masyarakat

Selain itu, desain dan jenis tanaman di lokasi kerja sama juga mengacu pada rekomendasi dari dokumen Biodiversity Management Plan Action Plan (BMPAP) dan Forest Partnership Framework (FPF).