Polban Buat Mesin Pencacah Sampah Organik untuk Pakan Maggot, Sehari Bisa Satu Ton!

Uji coba Mesin Pencacah Sampah Organik untuk Pakan Maggot di Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Sabtu (5/8/2023). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Politeknik Bandung (Polban) berhasil membuat mesin pencacah sampah organik untuk pakan maggot yang bisa mengolah hingga satu ton per hari.

Pembuatan mesin tersebut dilakukan dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bermitra dengan Gerakan Ekonomi Mandiri RT 04 RW 18 (GEMI0418), Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Baca Juga:  Tim Peneliti Teknik Mesin Polban Kembangkan Mesin Pengolah Sampah Organik Pasar Menjadi Pakan Maggot

Penelitian yang berjudul ‘Pembuatan Mesin Pencacah Sampah Organik untuk Pakan Maggot’ itu dikerjakan oleh dosen yang dibantu oleh mahasiswa tingkat akhir dan tenaga ahli dari luar institusi Polban.

Baca Juga:  Duh! Sektor Wisata di Serdang Bedagai Minim Promosi, Dewan Siap Bantu Penambahan Anggaran

Penanggung jawab penelitian pembuatan mesin pencacah Riswanda mengatakan bahwa proses pembuatan mesin yang berbobot sekitar itu 175 Kg itu memakan waktu sekitar 3-4 bulan yang didanai langsung oleh Polban sebesar Rp22,5 juta.

Mesin pencacah, kata Riswanda, memiliki tenaga dua kwintal per jam, sehingga kalau misalnya satu hari lima jam itu bisa mencacah sekitar 1 ton. Meski begitu, dia mengakui bahwa ada kendala pada mesinnya yaitu masih menggunakan voltase kecil, sehingga kalau terdapat sampah keras masuk mesin bisa overload/panas.

Baca Juga:  Berkas Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Belum Lengkap, Ini Kata Kejati Jabar