Polban Buat Mesin Pencacah Sampah Organik untuk Pakan Maggot, Sehari Bisa Satu Ton!

Uji coba Mesin Pencacah Sampah Organik untuk Pakan Maggot di Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Sabtu (5/8/2023). (Foto: Istimewa).

“Alhamdulillah dengan segala upaya dan jerih payah kita, jadilah mesin. Sehingga kemarin di sambutan kepala dinas lingkungan hidup Cimahi pun sungguh apresiasinya luar biasa, karena sangat membantu sekali. Karena dalam satu usaha itu, satu ton sampah organik sehari itu luar biasa bisa mengurangi,” kata Riswanda kepada JabarNews.com, Senin (14/8/2023).

Baca Juga:  Segera Beroperasi, Ema Sumarna: TPST Gedebage Mulai Uji Coba Operasional

Oleh karena itu, dia mengaku, pihaknya telah menawarkan kepada Pemerintah Kota Cimahi melalui dinas lingkungan hidup untuk membuat mesin skala besar untuk menghancurkan segala sampah (tidak hanya sampah organik) dengan sekala besar.

Baca Juga:  Kulit Melepuh seperti Terbakar, Dokter Sebut Bocah Sukabumi Derita Penyakit Ini

Di sisi lain, Riswanda mengungkapkan bahwa mitra dalam penelitian ini bergerak di bidang usaha ekonomi dalam satu RT yang mengelola peternakan ikan Lele.

Peternakan Lele, lanjut dia, ternyata pakan menggunakan pelet itu boros artinya keuntungannya sangat minim. Kemudian mereka inisiatif dengan menggunakan ternak maggot yang memakan sampah organik.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Sebut Sebagian Sekolah di Jabar Ubah PTM dengan PJJ

“Bisa mengepul sampah organik dari dua RW sekitar, sehingga yang diharapkan dari mesin yang dibuat melalui proposal tersebut bisa mengelola sampah untuk pakan maggot itu satu ton sehari,” ungkapnya.