• Minggu, 28 November 2021

Tim Gabungan Turunkan Baliho dan Spanduk Tak Berizin di Purwakarta

- Selasa, 24 November 2020 | 17:59 WIB
Tim Gabungan saat melakukan penertiban baliho dan spanduk tak berizin di Kabupaten Purwakarta, Selasa (24/11/2020). (Foto:Gin/Jabarnews)
Tim Gabungan saat melakukan penertiban baliho dan spanduk tak berizin di Kabupaten Purwakarta, Selasa (24/11/2020). (Foto:Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Petugas gabungan dari Kodim 0619, Polres, Satpol PP Purwakarta tertibkan baliho dan spanduk tak berizin termasuk baliho bergambar Imam Besar FPI Habib Riziq Sihab (HRS) di sejumlah titik keramaian di wilayah Kabupaten Purwakarta, pada Selasa (24/11/2020).

Sebelum disebar ke sejumlah wilayah mulai dari Sukatani, Jatiluhur, Campaka, Kota dan wilayah lainnya, Tim Penertiban mengikuti apel pasukan di Alun-alun Pemkab Purwakarta.

Menurut Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana melalui Wakapolres Kompol Satrio Prayogo, dalam penertiban baliho tak berizin dimaksud, personel TNI dan Polri hanya sebatas mendampingi petugas Satpol-PP kabupaten Purwakarta.

"Penertiban baliho tersebut termasuk dalam penegakan Perda dan di bawah ranah Pemkab Purwakarta, melalui Satpol PP. Kami dari Polri dan temen-temen TNI hanya mendampingi saja," kata Satrio, saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Wakapolres menjelaskan, untuk tingkat kabupaten tim terdiri dari Polres Purwakarta, Kodim 0619 Purwakarta, Subdenpom, dan Pemkab Purwakarta.

"Nah untuk tim di kecamatan itu ada Polsek, Koramil dan Camat," ujarnya.

Terpisah, Kabid Trantibum Satpol-PP Kabupaten Purwakarta, Dedeh Sofia Hasanah mengatakan, penertiban menargetkan seluruh baliho tak berizin tanpa terkecuali. Hal tersebut dinilai telah melanggar aturan Perda K3.

"Tanpa terkecuali, semua baliho, spanduk yang tidak ada izin atau tidak membayar pajak semua harus diturunkan. Karna itu telah melanggar aturan yang ada," ujar Kabid Trantibum yang akrab disapa Mincreung saat ditemui di sekitar kompleks kantor Pemkab Purwakarta.

Sementara, terkait baliho bergambar HRS, dijelaskannya, sebelumnya sudah ada kesepakatan antara pihak Pemkab Purwakarta dengan Pimpinan FPI setempat, bahwa baliho bergambar HRS tersebut akan diturunkan oleh pihak FPI.

"Dalam penertiban ini kita kedepankan langkah-langkah humanis untuk tetap menjaga situasi dan kondisi Purwakarta agar tetap kondusif," ucap Mincreung. (Gin)

Editor: Muhammad Rizal

Tags

Terkini

X