• Minggu, 24 Oktober 2021

Serdang Bedagai, Cocok Jadi Tempat Berburu Buah Rambutan di Musim Ini

- Kamis, 29 Juli 2021 | 14:18 WIB
Seorang warga terlihat mengikat rambutan untuk di pasarkan ke agen di Deli Serdang, Kamis (29/7/2021). (Foto: Putra/jabarnews)
Seorang warga terlihat mengikat rambutan untuk di pasarkan ke agen di Deli Serdang, Kamis (29/7/2021). (Foto: Putra/jabarnews)

JABARNEWS I SERDANG BEDAGAI - Bagi penggemar buah rambutan dapat berbahagia. Pasalnya saat ini sedang musim buah rambutan, hampir seluruh daerah menghasilkan buah rambutan dengan kualitas cukup baik. 

Salahsatu tempat yang paling cocok untuk berburu buah rambutan adalah Kabupaten Serdang Bedagai. Saat ini hampir di seluruh Kecamatan  menghasilkan buah rambutan dengan  kualitas baik.

Salahsatunya Desa Kota Tengah, Kecamatan Dolok Masihul yang menghasilkan buah rambutan dengan rasa manis cukup tinggi dan memiliki daging yang tebal. Bagi penggemar rambutan dapat datang dan membeli langsung buah rambutan yang masih di pohon.

Seorang warga, Bu Sami (53) mengatakan,  dari penghasilan 4 pohon rambutan, setiap musim tiba, dia mendapat untung cukup lumayan. Buah rambutan tersebut dipasarkannya ke agen di Kabupaten Deli Serdang.

"Buah rambutan ini dijual ke agen di Deli Serdang," paparnya.

Kata dia, setiap pohon rambutan dapat menghasilkan sebanyak 400 ikat rambutan. Setiap ikat dia menjual kepada agen sebesar Rp 4000. Sehingga dengan jumlah 4 pohon dia dapat meraih untung sebesar Rp 6.400.000.

"Setiap musim rambutan bisa dapat untung lebih 6 juta," ucapnya.

Sementara itu Camat Dolok Masihul, GJW Hasibuan mengatakan, Kecamatan Dolok Masihul tidak ada perkebunan pohon rambutan. Namun paling banyak menanam rambutan di Desa Kota Tengah dan Dolok Manampang menaman pohon rambutan di pekarangan rumah.

"Kualitas buah rambutan di Dolok Masihul cukup baik, dari rasa dan dagingnya yang cukup tebal," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai, Dedi Iskandar mengatakan, pohon rambutan bukan menjadi tanaman budidaya masyarakat, melainkan hanya tanaman pekarangan dan musiman, jadi buah rambutan bukan tanaman budidaya masyarakat.

"Kalau dibilang jumlahnya, hampir seluruh kecamatan di Sergai ada pohon rambutan, kualitasnya cukup baik dibanding daerah lain" ucapnya. (Ptr)

Editor: Iqbal Safana

Tags

Terkini

X