Hujan Deras di Lembang Bandung Barat, Banjir Bandang dan Longsor Tutupi Jalan Ini

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Hujan deras memicu kejadian bencana di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Bandung Barat, Selasa 2 November 2021.

Termasuk di antaranya banjir bandang dan longsor yang memutus Jalan Kolonel Masturi di Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Bandung Barat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat Duddy Prabowo mengatakan, sedikitnya ada empat laporan kejadian bencana yang seluruhnya berada di wilayah utara. 

Baca Juga: Longsor di Jalur Wanayasa, Jalur Penghubung Purwakarta dengan Subang Sempat Putus

Baca Juga:  Korsleting Listrik, Bengkel Sekaligus Rumah Tinggal di Cibatu Purwakarta Ludes Terbakar

Longsor tersebut terjadi pada Selasa 2 November 2021 sore hingga petang, seiring dengan hujan deras yang turun di wilayah utara Bandung Barat.

“Sementara ini satu akses jalan tertutup, yakni di Jalan Kolonel Masturi di dekat Imah Seniman,” kata Kepala BPBD Bandung Barat Duddy Prabowo saat dikonfirmasi.

“Di situ material longsor menutup badan jalan, sekarang sedang proses evakuasi untuk membuka jalur,” terang Kepala BPBD Bandung Barat.

Baca Juga:  Kedatangan Vaksin, Wali Kota Cirebon: Jangan Kendorkan Protokol Kesehatan

Baca Juga: DPRD Jabar Desak Pemprov Segera Selesaikan Persyaratan Pemekaran Wilayah Garut Utara

Sementara ini, terang dia, proses pembersihan material longsor di Jalan Kolonel Masturi dilakukan dengan penyemprotan air menggunakan mobil damkar.

“Karena sepertinya tidak perlu menggunakan alat berat. Lalu lintas pun untuk sementara belum bisa melalui titik tersebut,” sambung dia.

Bencana yang lain di Bandung Barat terjadi di Desa Cigugurgirang, Desa Cikole, dan di wilayah Kecamatan Cisarua. Petugas BPBD Bandung Barat masih terus melakukan assessment di lapangan. 

Baca Juga:  Gratis Sekolah di 25 SMA/SMK Swasta Bandung dan Cimahi Ini, Apa Syaratnya?

Baca Juga: Pelatih Persib: Kami Selalu Optimis, Tapi di Sepakbola Bisa Menang, Imbang atau Kalah

“Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa, kami masih dalam proses assessment di lapangan,” kata Kepala BPBD Bandung Barat.

“Memasuki musim hujan, kami mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, termasuk akses-akses ke tempat wisata di wilayah utara,” katanya.***