Diduga Tertidur Saat Merokok, Kakek di Bandung Tewas Terpanggang Api

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Seorang kakek, Uman (70) tewas terpanggang api dalam kejadian kebakaran di rumah kontrakannya.

Kebakaran itu terjadi di Kampung Sukasari, RT 5 RW 16, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 4 November 2021.

Berdasarkan keterangan sejumlah warga, peristiwa kebakaran di pemukiman padat tersebut diketahui terjadi pada pagi hari, ketika rumah kontrakan korban terlihat mengeluarkan kepulan asap.

Baca Juga: Keren! Kecanggihan Smart Map Plus Milik Kota Bandung, Bisa Tiga Dimensi

“Saya lagi buang air, tiba-tiba lihat asap dari rumah itu. Saya langsung teriak kebakaran, lalu orang-orang datang dan memadamkan api,” ujar Abid (70) salah seorang saksi.

Baca Juga:  Puncak Arus Mudik Diprediksi 29 April, Begini Persiapan Pengelola Tol Cipali

Dengan peralatan seadanya, warga akhirnya bisa memadamkan api di sebelum merembet ke bangunan lainnya. Akan tetapi, ternyata ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

“Korban baru sekitar enam bulan mengontrak di sini. Tadi itu sebelum kebakaran ada yang lihat dia habis beli rokok,” ujar Abid.

Baca Juga: Vaksinasi Dosis Pertama di Kabupaten Cirebon, Sudah Mencapai 50 Persen

Kapolsek Batujajar AKP Nana Supriatna mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi rumah lontarkan yang terbakar.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kota Bandung Sambut Baik Perwal Bersepeda

“Setelah dicek, benar sebuah rumah kontrakan yang di dalamnya kamar, terbakar. Posisi korban saat ditemukan miring, sedang tidur dan dicek meninggal dunia,” kata Nana.

Berdasarkan keterangan saksi dan hasil olah TKP, terang dia, penyebab kebakaran diduga berasal dari puntung rokok yang dihisap korban, mengingat di tempat tidur korban pun ditemukan rokok dan korek api.

Baca Juga: Ini Dia Pilihan Makanan Hamster Alami dan Kaya Nutrisi

Saat kebakaran terjadi, korban hanya seorang diri di rumah kontrakannya. Sementara kedua anaknya sedang keluar rumah. 

Baca Juga:  Ini Sejumlah Wilayah Yang Sering Terendam Banjir di Kota Bandung

“Tidak ditemukan pidana, dari sumber api juga memang diduga dari puntung rokok. Korban sedang tidur, api dari rokoknya menyambar ke tempat tidur,” terang Nana.

Korban mengalami luka bakar yang cukup serius. Pihak keluarga menolak untuk dilakukan otopsi, sehingga langsung dimakamkan di pemakaman umum. 

Baca Juga: Ada yang Bisa Tebak Aku Mau Kemana? Tanya Vannesa dalam Instagramnya

“Luka bakar di seluruh badan, tapi tidak penuh hanya dalam perut meleleh. Keluarga menerima kejadian ini sebagai musibah,” pungkasnya.***