Serap Banyak Tenaga Kerja, Proyek Pembangunan PLTS Terapung Cirata Banjir Dukungan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Saat menggelar sosialisasi progres pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung 145 MWac Cirata, PT Pembangkitan Jawa Bali Masdar Solar Energi (PMSE) banjir dukungan dari masyarakat di sekitar lokasi projek, Jumat, 5 November 2021.

Pada sosialisasi yang digelar di Gedung Dam Control Center (DCC) Cirata tersebut, Direktur Operasional PT PMSE, Dimas Kaharudin menyebutkan, dukungan tersebut berasal dari semua elemen. Mulai dari tiga muspika di dua kabupaten.

Yakni, Kecamatan Cipeundeuy di Kabupaten Bandung Barat (KBB) serta Kecamatan Maniis dan Tegalwaru di Kabupaten Purwakarta, hingga perwakilan masyarakat.

Baca Juga: Baru Sebulan Dilantik, Kepala Desa di Purwakarta Dilaporkan ke Polisi Gara-Gara Hal Ini

“Alhamdulillah, sosialisasi terkait progres pembangunan PLTS Terapung Cirata ini berjalan dengan lancar. Dari setiap undangan yang hadir,” katanya.

“Dari Muspika, unsur TNI dan Polri, Anggota DPRD, kepala desa, perwakilan masyarakat terdampak, semuanya memberikan dukungan terhadap pembangunan Proyek Strategis Nasional PLTS Terapung Cirata ini,” ungkapnya.

Baca Juga:  Terima Bantuan Sapras, Inkanas Purwakarta Siap Cetak Karateka Potensial

Dijelaskan Dimas, pada sosialisasi tersebut pihaknya menyampaikan rencana konstruksi ke depan. Yaitu kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan berkaitan dengan konstruksi hingga 2022 mendatang.

Baca Juga: Tubagus Joddy Sopir Vanessa Angel Jadi Sorotan Netizen, Begini Sosoknya

Adapun saat ini, sambung dia, progres pembangunan masih berada dalam tahap awal, yaitu enjiniring dan desain serta pematangan lahan dengan progres sekitar 12 persen.

“Karena memang pada tahap awal projek kegiatannya lebih banyak kepada engineering design yaitu proses pengukuran, analisis pembuatan desain, dan lainnya.” Tutur Dimas.

Ia menambahkan, mulai akhir 2021 dan awal 2022, akan ada kegiatan yang sifatnya lebih masif yang akan banyak menyerap tenaga kerja. 

Baca Juga: Begini Jadinya Ketika Truk Crane Seruduk Mobil Parkir di Purwakarta, Kok Bisa?

“Sehingga Insyaallah aspirasi masyarakat, terutama yang berkaitan dengan tenaga kerja, bisa terserap pada kegiatan tersebut,” ungkap Dimas.

Baca Juga:  Perampok Satroni Bank di Karawang, Gondol Uang Ratusan Juta Rupiah

Selain pemaparan dari pihak perusahaan projek, acara sosialisasi ini juga dimanfaatkan oleh para pihak untuk menyampaikan masukan-masukan konstruktif untuk kegiatan projek. 

Adapun salah satu masukan dari Anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat Cecep Sudrajat tentang Community Development (Comdev). 

Baca Juga: 281 Nama Terukir di Monumen Perjuangan Pahlawan Covid-19, Begini Kata Budayawan

Terkait hal ini, kata Dimas, pihaknya akan terus menjalin komunikasi dengan pemerintah setempat. Terutama berkaitan dengan program-program peningkatan taraf hidup masyarakat, agar program Comdev tersebut menjadi tepat sasaran. 

“Kami akan berdiskusi dengan elemen pemerintah setempat untuk mendapatkan rekomendasi kegiatan atau program apa yang paling tepat dan sesuai dengan apa yang direncanakan oleh pemerintah setempat. Sehingga kami bisa ikut berkontribusi,” kata Dimas.

Dikonfirmasi di lokasi yang sama, Anggota DPRD KBB Fraksi Golkar Cecep Sudrajat menyebutkan, pihaknya mendukung penuh proyek strategis nasional tersebut. Terlebih ini adalah PLTS Terapung terbesar se-Asia Tenggara.

Baca Juga:  Lantaran Hal Ini, PSSI pun Melaporkan Kasus Dugaan Suap ke Polda Metro Jaya

Baca Juga: Waduh! Suami Istri sampai Tukang Ojek di Bogor Jadi Pengedar Narkoba Jenis Sabu

“Kami pasti mendukung projek tersebut sebagai upaya pemerintah dalam mewujudkan sumber energi terbarukan,” kata Legislator Dapil Cikalong, Cipeundeuy, Cipatat ini.

“Namun di sini pihak PMSE juga harus menjelaskan secara spesifik terkait anggaran-anggaran untuk kepentingan Comdev masyarakat di dua kabupaten, Bandung Barat dan Purwakarta,” sambungnya.

Di antaranya, lanjut Cecep, terkait anggaran comdev karena ini dilaksanakan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) masing-masing daerah, baik Kabupaten Bandung Barat maupun Purwakarta. 

Baca Juga: Crazy Rich Malang Gilang, Nyatakan Siap Jadi Ayah Angkat Putra Vanessa Angel

“Sosialisasi kali ini adalah awal yang positif dan mudah-mudahan ada pertemuan selanjutnya. Dan, sebagai anggota DPRD, kami adalah wakil masyarakat yang memiliki kewajiban mengawal kesejahteraan masyarakat,” beber Cecep. (Gin)***