Hari Ini 3 Kali Gempa Bumi Guncang Nias, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

JABARNEWS | NIAS BARAT – Badan Meteorologi Klimatologi  Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi tiga kali gempa bumi beruntun guncang di kawasan Kepulauan Nias, Sumatra Utara, Kamis 18 November 2021.

Data BMKG, gempa bumi pertama berkekuatan magnitudo 3,2 terjadi pada pukul 03.37 WIB. Pusat gempa berada di koordinat 0.38 LU dan 98.56 BT, pada jarak 85 km Tenggara, Nias selatan pada kedalaman 10 Km. 

Baca Juga:  Pansus LKPJ Fokus Soroti Kinerja BUMD di Pemkot Kota Bandung Tahun 2022

Disusul gempa kedua dengan magnitudo 3,6 terjadi pada pukul 05.25 WIB. Gempa berpusat di koordinat 0.80 LU dan 97.26 BT, pada jarak 29 km Barat Daya, Nias Barat pada kedalaman 26 Km. 

Baca Juga: Mendes PDTT Gus Halim Tekankan Pembangunan di Desa Harus Berbasis Data dan Kebutuhan

Baca Juga: Kronologi Pelajar SMP di Purwakarta Tewas Tenggelam Saat Cari Ikan di Sungai Garunggang

Baca Juga:  Wah! Ada Kerusuhan di Mapolres Purwakarta, Ternyata...

Kepala BBMKG Wilayah 1 Medan, Hartarto mengatakan, gempa bumi terbaru, berkekuatan magnitudo 3,0 terjadi pada pukul 06.55 WIB. Pusat gempa berada di koordinat 0.86 LU dan 97.41 BT, pada jarak 13 km Barat Daya, Nias Barat pada kedalaman 31 Km. 

“Tidak ada laporan warga yang merasakan dan tidak berpotensi tsunami,” ucapnya.

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Nias Barat, Filifo Daeli mengatakan, gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,6 di Kabupaten Nias Barat, tidak ada warga yang merasakan getaran berasal dari gempa bumi tersebut.

Baca Juga:  Jelang Nataru, Polres Purwakarta Musnakan Ribuan Botol Miras dan Obat Terlarang

Baca Juga: Milad Muhammadiyah ke-109, Presiden Jokowi Sampaikan Pesan Ini

Baca Juga: Brimob Tebing Tinggi Dirikan Posko Evakuasi Buat Korban Banjir Serdang Bedagai

“Aman, tidak ada warga yang merasakan, namun BPBD tetap melakukan monitoring ke lapangan untuk melihat dampak gempa tersebut,” ungkap dia. (Ptr)***