Provinsi Jabar dan Inggris Jalin Kerja Sama Wadahi Startup Agar Go Internasional

JABARNEWS | BOGOR – Pemda Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Inggris meluncurkan program Nurture to Scale a scale up programmers for Indonesian startups.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan kerja sama melalui program tersebut dinilai penting untuk mendorong para anak muda yang bergelut di bidang startup agar bisa go internasional.

“Saya ke sini untuk melihat betapa Jabar di wakili oleh Bogor sangat progresif untuk ekonomi kreatif (ekraf), karena ada program nurture of scale jadi program dari Pemerintah Inggris membantu startup yang keren tadi menjadi besar dan skalanya mendunia,” kata Ridwan Kamil di Gedung Creative Center, Kota Bogor, Jumat 12 November 2021.

Baca Juga: SBY Selesai Operasi Kanker Prostat, Ini Kondisi Terkininya

Baca Juga: Rilis Lagu ‘Sameday’, Raisa Kolaborasi dengan Musisi Asal Korea

Sebanyak 35 startup asal Jabar akan menjalin kerjasama dalam program tersebut untuk dipasarkan di tanah Britania Raya. Hal itu akan menjadi angin segar bagi anak-anak muda Jabar dalam menyambut dunia digital di masa depan.

Baca Juga:  Tiga Nama Komjen Ini Digadangkan Bakal Gantikan Idham Azis, Cek Kekayaannya

“Itu targetnya, kami berterimakasih startup Jabar dipilih oleh pemerintah Inggris sebagai percontohan untuk di globalkan oleh networking pemerintah Inggris,” ucapnya.

Baca Juga: Peringatan Dini dari BMKG, Sejumlah Wilayah Ini Potensi Hujan Lebat dan Petir

Baca Juga: Tawuran Pelajar Kembali Terjadi di Sukabumi, Sisakan Bercak Darah di Trotoar

Dalam kegiatan tersebut Ridwan Kamil yang didampingi oleh Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto mendapatkan undangan dari Menlu Inggris untuk menjajaki obrolan lebih lanjut tentang kerjasama Pemwrintah Inggris dan Pemdaprov Jabar agar skalanya bisa lebih mendunia.

“Kemudian kami berdua di undang oleh ibu Menlu Inggris bulan April ke Inggris juga untuk mengkoneksi apa yang sudah diobrolkan di Bogor di skala besarkan di London di Inggris,” ujarnya.

Selain itu, Ridwan Kamil juga menjelaskan bahwa kerjasama dengan Pemerintah Inggris salah satunya ialah terkait pembangunan Politeknik Maritim di Patimban, Subang.

Baca Juga:  Jadi Pintu Masuk Perjalanan Luar Negeri, Bandara Kertajati Layani Umroh Langsung ke Jeddah

“Kemudian ada kerja sama membangun politeknik maritim di patimban juga di apresiasi dan beliau sangat happy,” jelasnya.

Baca Juga: Terima Kunjungan Menteri Luar Negeri Inggris, Ridwan Kamil Gunakan Diplomasi Cendol

Baca Juga: Pembangunan RSUD Bogor Utara Molor dari Target, Anggota DPRD Jabar Kecewa Berat

Ridwan Kamil juga menyebutkan akan menyulap 27 kabupaten/kota agar bisa tersebar pusat ekraf yang terinspirasi dari Light House di Glasgow.

“Saya ingin membuat 27 kab/kota dengan misi saya sebagai gubernur tentu saja untuk menyebarkan pusat ekonomi kreatif yang diinspirasi Light House di Glasgow untuk direplikasi di 27 daerah di Jabar. Karena itu dukungan anda (Menlu Inggris) melalui british embassy sangat dihargai oleh ekraf Jabar,” sebutnya.

Baca Juga: Gas Pol! Presiden Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika

Baca Juga: Temui Pengungsi, Bupati Serdang Bedagai Terobos Banjir Pakai Motor Trail Malam Hari

Menteri Luar Negeri Pemerintah Inggris Elizabeth Truss mengatakan kunjungan kerja ke Jabar ini merupakan kerja sama hub dan teknologi.

Baca Juga:  Haru Suandharu Minta Seluruh Kader PKS Gerak di Sepuluh Hari Sisa Kampanye

“Kami ingin bekerja sama dalam perdagangan, investasi dan teknologi, kami ingin memastikan kecerdasan buatan atau 5G dan aliran data. Kami akan melahirkan manfaat ekonomi yang selama pandemi terpuruk,” ucap Elizabeth.

Elizabeth menyebutkan bahwa pertemuan hari ini ialah meluncurkan program Nurture to Scale a Scale up Programmers for Indonsian Startups dengan melibatkan 35 anak muda yang memiliki startups.

“Tapi hari ini kita disini berada membantu perusahaan teknologi menjadi unicorn dan decacorn dan saya ingin memberikan selamat kepada 35 startups dalam program ini kami tidak sabar menyambut Anda ke Inggris untuk melihat peluang,” harapnya.

Baca Juga: Sah! Youtober Ria Ricis Menikah dengan Teuku Ryan, Aura Kesuksesan Makin Kelihatan

Baca Juga: Viral! Keributan Polisi dengan Warga Terjadi di Bandung, Gegara Emosi oleh Keangkuhan?

“Saya bisa melihat energi hub dan kreatif di Jabar saya berharap anda (pemilik startup) bisa mengunjungi kami,” tandasnya.***