Puncak Arus Balik Lebaran 2022 di Jabar Diprediksi Terjadi Hari Ini dan Besok

Ribuan kendaraan pemudik menyemut di Gerbang Tol Cikampek Utama. (Foto: Twitter @TMCPoldaMetro)

Rata-rata pemudik balik mengarah ke Jabodetabek khususnya Jakarta. Emil mengemukakan, pemudik balik yang melintasi Jabar wilayah utara dari arah timur menuju Jakarta persentasenya mencapai 50 persen. Kemudian 20 persen dari Bandung Raya dan 20 persen lagi dari arah Merak Banten yang menuju Jakarta.

Baca Juga:  Pakar Budaya Tanggapi Wacana Nama Provinsi Jabar Diubah

“Jadi rata-rata masuk Jakarta, persentasenya tetap paling banyak dari arah timur sekitar 70 persen,” ucap Emil.

Adapun untuk jalur selatan, saat ini, masih terjadi kemacetan di wilayah Gentong dan Malangbong. Sementara di Kadungora Garut kemacetan terjadi di perlintasan kereta api Kadungora.

Baca Juga:  Keren, Kredit BJB Mesra Masuk Nominasi Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik 2022

Emil menuturkan, di luar jalur tersebut, situasi arus lalu lintas relatif masih terkendali. Ia pun mengapresiasi langkah Polres Garut dan Polres Tasikmalaya yang efektif mengurai kemacetan yakni mengalihkan arus yang melewati Gentong dari arah Tasikmalaya ke jalur Singaparna.

Baca Juga:  Ahli dalam Bidang Arsitek, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Rancang Makam Eril Putranya

“Memang tidak bisa dihindari karena meningkatnya jumlah kendaraan terjadi kemacetan, khususnya di Gentong. Tapi, di luar itu, relatif aman terkendali. Kalau di Garut, kata Pak Kapolres Garut, paling di titik pelintasan kereta api Kadungora,” katanya.