Ribuan Balita di Bekasi Terindikasi Alami Obesitas, Ini Pemicunya

Ribuan balita di Kabupaten Bekasi terindikasi mengalami obesitas
Ribuan balita di Kabupaten Bekasi terindikasi mengalami obesitas. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNGDinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mencatat hingga tahun 2023 sebanyak 1.440 anak usia bawah lima tahun (balita) di wilayahnya terindikasi mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Supriadinata mengatakan, saat ini masalah obesitas pada anak menjadi perhatian serius pemerintah daerah.

Baca Juga:  Berikut Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini 7 Juni 2022

“Obesitas menjadi salah satu persoalan gizi pada balita yang menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Bekasi selain stunting dan gizi buruk,” ujar Supriadinata kepada awak media di Cikarang, Sabtu (1/7/2023).

Baca Juga:  Bawaslu & Panwaslu Imbau Paslon Tertib Pasang APK

Lebih lanjut Supriadinata menjelaskan, tingginya angka obesitas pada balita disebabkan oleh beberapa factor. Salah satunya adalah pola makan yang tidak sesuai dengan anjuran kesehatan, yakni tidak sehat, porsi berlebih, hingga faktor genetik.

Selain itu, Supriadinata mengungkapkan peran penting orang tua dalam mencegah obesitas. Terlebih pemicu persoalan gizi ini berawal dari konsumsi makanan tidak sehat, berlebihan, serta konsumsi makanan dan minuman tinggi kalori namun rendah nutrisi tanpa diikuti aktivitas fisik yang cukup.

Baca Juga:  Penjelasan Johnson Panjaitan Soal Perkembangan Baru Kasus Tukar Guling Aset Pemkab Karawang