Ribuan Warga Ikuti Pesta Nadran Di Kota Cirebon

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Ribuan nelayan dan warga mengikuti Kirab Ancak Festival Pesisiran atau Sedekah Laut (Kirab Nadran), di pantai Kota Cirebon, Sabtu (15/9/2018). Dalam kegiatan itu digelar untuk memeriahkan Peringatan Hari Jadi Cirebon ke-649, masing-masing wilayah untuk melarung sesajen yang sudah disiapkan menuju pantai.

Pantauan Jabarnews.com, Penjabat Wali Kota Cirebon, Dedi Taufik, memimpin acara nadran dan pelepasan sesajen untuk dilarung.

Baca Juga:  Komitmen Kembangkan Pencak Silat, Ridwan Kamil Sediakan Lahan Delapan Hektar

Dedi mengatakan, nadran merupakan kegiatan kebudayaan yang memiliki nilai kearifan lokal.

“Ini merupakan rasa syukur para nelayan yang ada di pantai Kota Cirebon. Kirab nadran juga dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Jadi Cirebon ke-649,” ungkap Dedi.

Dikatakannya, nadran merupakan salah satu potensi Kota Cirebon dalam meningkatkan pariwisata. Selain itu, nadran juga memberikan hiburan bagi masyarakat sehingga budaya lokal tetap terjaga.

Baca Juga:  Herman Suryatman Pastikan Aturan WFH-WFO Pasca Lebaran Berjalan Baik di Jabar

“Kota Cirebon memiliki potensi yang dapat dijual bukan hanya budaya, tapi juga hasil laut. Ternyata hasil laut Kota Cirebon sudah dijual dan dikenal hingga tingkat nasional maupun internasional. Ini menjadi potensi besar yang harus dikembangkan,” ungkap Dedi.

Dedi menambahkan, melalui inovasi dan kolaborasi, potensi yang dimiliki dapat menyejahterakan masyarakat. Hal ini juga akan mendukung Jabar Juara.

Baca Juga:  Waduh, Kabupaten Purwakarta Belum Ramah Anak!

“Berbagai program yang dikembangkan Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan sejalan dengan Spirit Juara yang sedang digaungkan Pemerintah Provinsi Jabar,” ujar Dedi.

Diketahui, Pesta Nadran ini diikuti oleh empat kelompok nelayan yakni Samadikun, Pesisir, Cangkol, dan Kejawanan. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat