Sebanyak 83 Rumah di Gununghalu Teraliri Listrik Pakai Tenaga Air, Bey Machmudin Beberkan Hal Ini

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin Mengunjungi PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) di Tangsi Jaya Desa Tangsi Jaya, Desa Gunung Halu, Kab. Bandung Barat, Kamis (22/2/2024). (Foto: Biro Adpim Jabar).

Bey mengungkapkan, Kementerian ESDM katanya akan membangun satu lagi Powerhouse PLTMH di Gununghalu dengan daya yang lebih tinggi mencapai 30-40 kWh.

“Kementerian ESDM akan membangun satu lagi pembangkit, dan mudah-mudahan akan segera dibangun awal Maret dengan kapasitas 30-40 kWh. Berarti akan lebih banyak lagi rumah yang teraliri listrik,” katanya.

Baca Juga:  Ini Indikator Pengendalian Korupsi di Kota Bandung, Ema Sumarna Bilang Begini

Hadirnya PLTMH Rimba Lestari merupakan inisiatif Pemdaprov Jabar untuk menghadirkan listrik ke pelosok daerah, baik melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) maupun non – PLN. PLTMH Rimba Lestari di Gununghalu termasuk kategori non – PLN.

Baca Juga:  Bey Machmudin Pastikan Budaya Sunda akan Terus Terjaga

“Jadi kenapa ada PLTMH ini karena PLN belum bisa masuk, dan Pemdaprov berinisiatif membangub. Ini sudah lama sekali tahun ini juga akan direvitalisasi,” pungkasnya.

Baca Juga:  Indeks Desa Membangun Bandung Barat Naik Signifikan Selama Dua Tahun

Rasio elektrifikasi Jabar pada 2020 sudah mencapai 99,72 persen. Dari 27 kabupaten dan kota, rata-rata rasio elektrifikasinya mencapai 99,9 persen, hanya ada beberapa yang di bawah 90 persen.