Simak, Ini Tips Berkendara Aman di Bulan Ramadhan

Tips Berkendara Aman
Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Warjo saat berkendara motor. (Foto: Dok. Humas Polres Purwakarta).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sedikit berbeda jika berkendara saat bulan Ramadan, dibandingkan dengan bulan biasa. Pasalnya, kurangnya asupan makanan dan minuman di siang hari, membuat fisik sedikit mudah lelah dan daya konsentrasi berkurang.

Walaupun demikian, bukan berarti saat bulan ramadhan tidak boleh berkendara. Banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap aman ketika di jalan raya, salah satunya mengatur gaya mengemudi atau berkendara.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, Lapas Purwakarta Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Puasa mempengaruhi fungsi kognitif dan memiliki efek langsung pada pengemudi. Kurangnya konsentrasi, menguap, sakit mata dan mengantuk membuat pengendara tak menyadari rambu lalu lintas atau marka jalan.

Baca Juga:  Polisi Bekuk Pelaku dan Penadah Curanmor yang Beraksi di Kabupaten Purwakarta

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui, Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas), AKP Warjo membagikan tips agar mengemudi atau berkendara lebih aman saat berpuasa.

Baca Juga:  Operasi Keselamatan Lodaya 2022 di Purwakarta Tak Ada Tilang, Kecuali Kategori Ini

“Ketika puasa kemampuan spasial untuk melihat ke dalaman, jarak, kecepatan, menurun drastis dan waktu reaksi menjadi lebih lambat,” ucap Warjo, saat ditemui di Mapolres Purwakarta, pada Senin, 27 Maret 2023.