Soal Hepatitis Akut, Dinkes Cianjur Anjurkan Ini Pada Masyarakat

Ilustrasi Kemenkes Lakukan Penyelidikan Epidemiologi untuk Antisipasi Hepatitis Akut. (Foto: Istimewa).

Ia menjelaskan, ​untuk gejala hepatitis akut. Itu gejala awal hepatitis akut misterius adalah gangguan gastrointestinal diantara seperti mual, muntah, diare berat, demam ringan, gejala bisa lanjut dengan air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB putih pucat kulit dan mata kuning gangguan pembekuan darah kejang penurunan kesadaran.

Baca Juga:  Puluhan Pengendara Dibawah Umur Terjaring Operasi Zebra

“Ya! Dasarnya semua orangtua harus meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan pencegahan sejak dini,” ajak dan pesannya.

Masih kata Irvan, langkah awal yang bisa orangtua lakukan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan secar rutin, yaitu seperti mencuci tangan dengan sabun, pastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih tidak bergantian alat makan dengan orang lain.

Baca Juga:  Pasca Banjir, Begini Aksi Sosial Bacaleg DPRD Cianjur Dapil 1 Soni Farhan Bantu Warga di Sindanglaka Karangtengah

“Nah! Hindari kontak dengan orang sakit, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan,” katanya.

Ia menambahkan, untuk pencegahan saluran nafas, yaitu dengan cara kurangi mobilitas, gunakan masker bila bepergian, jaga jarak dengan orang lain hindari keramaian atau kerumunan juga.

Baca Juga:  Ops Zebra Lodaya, Polres Cianjur Libatkan 1.932 Personel