Soal Merebaknya Kasus Cacar Monyet, Ini Kata Dinkes Kota Depok

Ilustrasi cacar monyet. (Foto: Reuters).

JABARNEWS │ DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menyatakan telah menerima laporan kasus yang dicurigai sebagai Monkeypox atau Cacar Monyet. Sekretaris Dinkes Depok, Yuliandi, mengklarifikasi bahwa kasus yang terlaporkan telah dikecualikan dan dikeluarkan dari kategori kasus aktif Monkeypox.

Baca Juga:  Usai Salat Id, Ridwan Kamil Ucapkan Selamat Pada Ganjar Pranowo, Ini Alasannya

“Tahun 2023 kami menerima laporan yang mencurigai Monkeypox, tetapi kemudian kami mengeluarkannya dari daftar kasus yang dicurigai atau aktif penyakit cacar monyet,” ujar Yuliandi.

Berdasarkan laporan yang diterima, kata Yuliandi, Dinkes Kota Depok memastikan bahwa hingga saat ini belum ada kasus Monkeypox yang tercatat di Kota Depok.

Baca Juga:  Wah! Ada Pernikahan Sesama Jenis di Cianjur: Sempat Dilarang, Akhirnya Nikah Siri!

Meskipun demikian, pihaknya meminta kepada rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) di Kota Depok untuk tetap waspada dan melakukan serangkaian tindakan pencegahan.

Baca Juga:  Sudah Tua, Berikut Spesifikasi KRI Nanggalan 402 Yang Tenggelam

Upaya kewaspadaan tersebut mencakup pemantauan perkembangan situasi dan informasi Monkeypox, peningkatan kewaspadaan dini dengan mencari kasus yang mungkin muncul dengan gejala ruam akut yang memiliki faktor risiko sesuai definisi operasional kasus cacar monyet.