Tak Ada Alat Canggih Apapun Bisa Prediksi Gempa

JABARNEWS | BANDUNG – Sampai saat ini kejadian gempa bumi belum dapat diprediksikan kapan, dimana, dan seberapa besar. Bahkan oleh alat tercanggih sekalipun untuk saat ini belum ada yang Dapat memprediksinya. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral, Kasbani ditemui di kantor Badan Geologi Bandung, Senin (13/8/2018).

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Pakai Masker Boleh Gaya, Agar Virus Mati Gaya

“Kami mengimbau kepada masyarakat luas bahwa gempa bumi sampai saat ini tidak bisa diprediksi kapan kejadiannya, berapa besarnya, dan dimana tempatnya, jadi kalo ada yang menyampaikan bahwa tanggal sekian jam sekian gempa besar di daerah ini, itu semuanya bohong/ hoaks yang harus diperhatikan seperti itu, tidak ada satupun yah di Dunia ini kapan terjadinya gempa,” tegas Kasbani.

Baca Juga:  Duar! Truk Vs Motor di Tasikmalaya: Satu Tewas, Dua Kritis

Hal ini terkait dengan adanya pesan singkat broadcast yang tidak jarang sering muncul saat terjadi genpa, dimana isi pesan tersebut biasanya berupa prediksi bahwasanya jam sekian, tanggal sekian akan terjadi gempa berikut dengan tempat kejadiannya.

Baca Juga:  Jelang Libur Tahun Baru, Tim Gabungan Periksa Keamanan Kendaraan

Selain itu Kasbani juga menjelaskan bahwasanya memang Indonesia secara geologi terletak pada tektonik aktif , dan terdapat potensi terjadi gempa, akan tetapi untuk waktu kapan tepatnya gempa akan terjadi tidak dapat diketahui. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat