Tampang Pelaku Arisan Fiktif di Karawang, Korban Capai 50 Orang dan Kerugian hingga Rp1,9 Miliar

Pelaku begal pantat di Sukabumi menyerahkan diri-
Ilustrasi penangkapan pelaku arisan fiktif di Karawang. (foto: istimewa)

“Sekitar bulan Agustus itu terjadi collaps, yang bersangkutan tidak bisa menyampaikan uang atau arisan yang dijanjikan kepada para korban yang telah menyetorkan dana arisan,” ujar Wirdhanto.

Akibatnya, sekitar 50 orang melaporkan kejadian ini ke polisi, sebagian besar di antara mereka adalah ibu rumah tangga dari wilayah Cilamaya, Karawang. Total kerugian mencapai Rp 1,9 miliar.

Baca Juga:  Bareskrim Polri Tangkap Kasat Resnarkoba Polres Karawang Terkait Peredaran Narkoba

Dalam penyelidikan, terungkap bahwa selama setahun menjalankan arisan fiktif, AH hanya memutar uang para korban dan sebagian uang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadinya serta bersenang-senang.

Wirdhanto menyebutkan bahwa AH tidak memiliki pekerjaan tetap dan juga terlibat dalam kegiatan lain seperti mendukung penyanyi dangdut pada beberapa acara hajatan.

Baca Juga:  Mudik Lebaran 2023, Angka Laka Lantas di Karawang Diklaim Turun 40 Persen, Polisi Beberkan Ini

Atas perbuatannya, AH dijerat dengan Pasal 372 dan/atau 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.

Polisi juga berhasil mengamankan beberapa barang bukti yang diduga hasil kejahatan, termasuk mobil, sepeda motor, sejumlah uang, dan beberapa sawah gadean.

Baca Juga:  Awas! Jalinsum di Serdang Bedagai Berlubang, Sudah Banyak Makan Korban

Saat ini, polisi sedang mengembangkan penyelidikan terhadap pelaku lain yang terlibat dalam modus penipuan ini dan melakukan pelacakan terhadap aset dari kerugian yang lainnya, baik berupa barang maupun uang. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News